Minggu, 25 Agustus 2019

Dengan Teknologi 5G, Dokter Ini Berhasil Operasi Kanker Payudara Jarak Jauh

Dengan bantuan teknologi 5G, transmisi sinyal lancar dan stabil selama operasi.

Dinar Surya Oktarini
cover_caption
Ilustrasi operasi. (Pixabay/sasint)

Hitekno.com - Adanya teknologi kini semua dapat dilakukan, termasuk operasi kanker payudara jarak jauh yang dilakukan salah satu rumah sakit di China ini dengan teknologi 5G.

Seorang wanita berusia 72 tahun merupakan pasien pertama di rumah sakit distrik Pukou, Nanjing, China yang melakukan operasi payudara dari jarak jauh melalui teknologi 5G.

Wanita bermarga Mao ini menderita kanker payudara dan menerima perawatan medis di cabang Pukou di Rumah Sakit Provinsi Jiangsu.

Dilansir dari China Daily, operasi ini dipimpin oleh Jiang Ping untuk operasi sementara Tang Jinhai, seorang ahli kanker paudara yang tinggal 20 kilometer jauhnya di markas rumah sakit untuk mengarahkan prosedur.

Ilustrasi operasi. (Pixabay/sasint)
Ilustrasi operasi. (Pixabay/sasint)

 

Dengan bantuan teknologi 5G, transmisi sinyal lancar dan stabil selama operasi dan Tang merancang sayatan bedah pada papan proyeksi dan menginstrusikan dokter setempat untuk beroperasi.

Selama operasi, dokter mengajukan pertanyaan dan Tang menjawab secara real time. Dua jam kemudian, tumor berhasil diangkat sepenuhnya.

Tang mengatakan bahwa teknologi 5G dan MR membuat rumah sakit besar dan cabang lokal bekerja lebih dekat bersama, melakukan lebih banyak konsultasi kelompok online dan berbagi lebih banyak sumber daya berkualitas tinggi.

Hal ini merupakan upaya kedua dari perasi 5G dan MR dibantu rumah sakit berhasil dalam operasi jarak jauh pertama di negara itu pada 13 Mei.

Pada bulan Januari ini, seorang ahli bedah di provinsi Fujian di China melakukan operasi jarak jauh pertama di dunia menggunakan teknologi 5G.

Dengan teknologi berada di jarak 64 kilometer dari lokasi operasi, ahli bedah mengangkat hati binatang dengan lengan manipulator.

Terkait

Terkini