Senin, 26 Agustus 2019

Ini Perbandingan Ukuran Bumi dan Planet Jupiter, Beda Banget

Ukuran bumi tidak ada apa-apanya dibandingkan planet Jupiter.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Penampakan Planet Jupiter. (NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin M. Gill⁣)

Hitekno.com - Planet Jupiter disebut-sebut sebagai yang terbesar dalam tata surya kita. Dibandingkan Bumi, seberapa besarkah planet satu ini.

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA mengunggah foto dari planet Jupiter. Menariknya, planet terbesar ini juga dibandingkan dengan Bumi.

Dalam foto yang diunggah ke Instagram pada 10 Juli 2019 ini, perbandingan diameter planet Jupiter setara dengan 11 kali diameter planet Bumi.

Menurut NASA rata-rata jari-jari planet Jupiter diperkirakan 69.911 km. Sedangkan untuk diameternya diperkirakan mencapai 139.820 km.

Jauh dibandingkan planet Bumi yang hanya memiliki panjang jari-jari 6.3741 km. Lalu diameter planet Bumi hanya 12.742 km saja.

Sebagai perbandingan, planet Mars yang disebut-sebut bisa ditinggali manusia, memiliki diameter 6.779 km dan jari-jari 3.3895 km panjangnya.

Saat ini, NASA sedang melakukan penelitian yang lebih mendalam untuk planet Jupiter. Bahkan badan antariksa ini membuat akun Instagram khusus untuk misi ini.

Penampakan Planet Jupiter. (NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin M. Gill)
Penampakan Planet Jupiter. (NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin M. Gill)

 

NASA membuat akun Instagram Mission Juno, @NASAJuno sebagai tempat mereka mempublikasikan foto-foto proyek penelitian Planet Jupiter.

Di akun Instagram ini juga ditampilkan sederet foto-foto yang mereka dapatkan dari planet Jupiter. Nampak planet ini memiliki pola-pola yang cantik.

Berdasarkan foto-foto NASA, planet ini nampak didominasi warna coklat. Berbeda dengan planet Bumi yang didominasi warna biru karena lautan.

Penampakan Planet Jupiter. (Instagram/ NASAJuno)
Penampakan Planet Jupiter. (Instagram/ NASAJuno)

 

Para peneliti telah mengambil foto planet tersebut dari berbagai sudut. Yang menghasilkan corak warna-warni lain dimiliki planet Jupiter.

Ditemukan warna biru gelap dan coklat terang ada di sisi lain. Namun NASA belum bisa mengkonfirmasi adanya air dan kehidupan di planet Jupiter.

Terkait

Terkini