Senin, 26 Agustus 2019

Kerangka Dinosaurus Raksasa Ini Dapat Kirim Pesan Singkat, Kok Bisa?

Maximo ini nantinya akan mengirim jawaban mengenai pertanyaan yang diberikan pengunjung.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cover_caption
Dinosaurus Maximo. (The Field Museum)

Hitekno.com - Apa jadinya jika sebuah kerangka dinosaurus raksasa diklaim mampu kirim pesan singkat? Mustahil? Untuk perkembangan dunia ilmu pengetahuan saat ini, sepertinya tidak ada yang mustahil.

Hal ini benar terjadi dan menjadi salah satu program anyar yang diluncurkan oleh The Field Museum di Chicago belum lama ini.

Pihak museum dalam program anyarnya ini membuat kerangka tiruan dari Titanosaur atau yang dijuluki Maximo. Maximo ini nantinya akan mengirim jawaban mengenai pertanyaan yang diberikan pengunjung.

Pertanyaan yang dapat diberikan oleh para pengujung bagi Maximo ini bisa mengenai masa prasejarah di Patagonia, salah satu wilayah yang menjadi bagian dari Argentina dan Chile.

Tidak hanya pertanyaan berat mengenai kehidupan prasejarah, Maximo juga didesain mampu menjawab beberapa pertanyaan simple seperti warna kesukaannya hingga dapat kamu ajak untuk melakukan selfie lho.

Dinosaurus Maximo. (The Field Museum)
Dinosaurus Maximo. (The Field Museum)

 

Dilansir dari Live Science, program ini diberi nama Message Maximo. Tujuan adanya program ini yaitu untuk membuat para pengunjung secara langsung dapat terlibat dan paham mengenai fakta-fakta kehidupan dinosaurus purba tersebut.

Selain itu, pihak museum mengaku ingin membuat proses belajar mengenai dinosaurus menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

Untuk dapat berkomunikasi dengan Maximo, kamu hanya perlu mengirimkan pesan ke nomor 70221 atau melalui obrolan online melalui halaman ini.

(MEF, Museo Paleontológico Egidio Feruglio, photo by A. Otero)
Penemuan Dinosaurus Maximo di Argentina. (MEF, Museo Paleontológico Egidio Feruglio, photo by A. Otero)

 

Melihat di balik layar Maximo tentu ada sosok chatbot yang bertugas dan diciptakan secara khusus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan standar hingga yang tidak terduga dari pengunjung.

Kerangka dinosaurus Maximo yang ada di The Field Museum sendiri bukanlah tulang asli, namun merupakan gips yang sengaja dibuat dalam bentuk seperti Patagotitan Mayorum atau jenis dinosaurus berleher panjang dalam kelompok Titanosauria.

Dinosaurus Maximo sendiri dipercaya merupakan jenis paling besar yang pernah ditemukan di Bumi, Tulang Maximo bahkan sepanjang 37 kaki dan memiliki tinggi 28 kaki.

Sejak rilis pada 8 Mei 2019 lalu, dinosaurus yang dapat kirim pesan singkat bernama Maximo ini sudah melakukan 500 percakapan. Tertarik untuk bercakap-cakap dengan Maximo?

Terkait

Terkini