Senin, 26 Agustus 2019

Bangkai Kapal Romawi Ditemukan di Dasar Laut, Banyak Benda Kuno di Dalamnya

Benda kuno yang ditemukan di bangkai kapal Romawi bisa mengungkapkan alur perdagangan di masa itu.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
cover_caption
Banyak benda kuno yang ditemukan di dalam kapal Romawi yang tenggelam. (Siprus Department of Antiquities)

Hitekno.com - Sekelompok peneliti dan penyelam sukarelawan baru saja menemukan kapal Romawi kuno yang ditemukan di dasar laut Protaras, Siprus. Departemen Barang Antik Siprus (Siprus Department of Antiquities) menjelaskan bahwa terdapat banyak benda kuno ditemukan di dalam kapal yang tenggelam tersebut.

Kapal Romawi kuno ini ditemukan oleh tim penelitian arkeologi bawah laut yang tergabung di Maritime Research Archaeological Laboratory (MARELab), Unit Penelitian Arkeologi, Universitas Siprus.

Dalam sebuah rilis resmi dari Departemen Barang Antik Siprus, kapal Romawi tersebut merupakan penemuan kapal Romawi kuno pertama yang tidak terganggu manusia di laut teritorial Siprus.

Bangkai kapal Romawi menyimpan banyak benda kuno bersejarah. Benda kuno yang paling banyak ditemukan oleh peneliti adalah amphora.

Amphora biasanya merupakan tembikar mewah (ditambah hiasan) untuk menyimpan berbagai barang, baik cair maupun kering.

Lukisan Lorenzo A. Castro yang menampilkan kapal kuno Romawi saling bertempur. (Wikipedia/ RMG)
Lukisan Lorenzo A. Castro yang menampilkan kapal kuno Romawi saling bertempur. (Wikipedia/ RMG)

 

Di dunia Mediterania kuno dan Kekaisaran Romawi, amphora banyak digunakan untuk menyimpan barang terkait berbagai keperluan, termasuk perdagangan.

"Situs ini merupakan bangkai kapal Romawi, sarat dengan pengangkut amphora, kemungkinan besar dari Suriah dan Kilikia. Studi terhadap kapal diharapkan memberi titik pengetahuan baru terkait skala perdagangan lintas laut antara Siprus dan provinsi-provinsi Romawi lainnya di Mediterania timur, " kata perwakilan Departemen Barang Antik Siprus dikutip dari The Poch Times.

Amphora yang ditemukan merupakan jenis amphora pengangkut sehingga sangat polos dan tanpa ukiran dekoratif.

Peneliti menjelaskan bahwa amphora jenis ini banyak digunakan untuk menyimpan dan mengangkut anggur, minyak zaitun, madu, susu, zaitun, ikan kering, dan makanan kering.

Ilustrasi  Amphora.(Pixabay_Dimitris Vetsikas)
Ilustrasi Amphora.(Pixabay_Dimitris Vetsikas)

 

Orang Romawi menggunakan amphora dengan cara yang hampir sama dengan orang Yunani.

Sedikit perbedaannya adalah orang Romawi sering menjadikannnya sebagai tempat saus ikan (garum) dan buah-buahan yang diawetkan.

Itu sebabnya beberapa amphora ditemukan dalam keadaan tersegel dengan tanah liat atau resin.

Penemuan kapal Romawi kuno ini akan diteliti lebih lanjut oleh ilmuwan sehingga diharapkan kita bisa mengetahui alur perdagangan yang terjadi pada zaman kuno.

Terkait

Terkini