Rabu, 21 Agustus 2019

Menggemaskan, Anjing Laut Ini Bisa Bernyanyi Twinkle Twinkle Little Star

Meski belum sempurna, anjing laut ini bisa menirukan nada dari lagu.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Anjing Latu Zola menyanyikan Twinkle twinkle little star. (YouTube/ Inside Edition).

Hitekno.com - Penelity di University of St Andrews, Skotlandia menemukan kalau anjing laut abu-abu bisa menirukan suara. Bahkan bisa menirukan nada dalam lagu Twinkle twinkle little star hingga film Star Wars.

Dalam penelitian itu tiga ekor anjing laut abu-abu diamati sejak lahir, untuk mengetahui suara alami mamalia laut tersebut. Binatang-binatang tersebut kemudian dilatih untuk meniru suara-suara baru.

Salah satu anjing laut yang dinamai Zola menjadi yang paling menonjol, karena bisa meniru beberapa nada. Anjing laut betina itu bisa meniru 10 lagu, termasuk lagu Star Wars dan Twinkle twinkle little star.

Amanda Stansbury dan Vincent Janik, dua peneliti dari University of St Andrews, yakin penelitian terhadap anjing laut tersebut bisa dimanfaatkan dalam riset tentang gangguan bicara (speech disorder) pada manusia.

"Saya sangat kagum melihat bagaimana pandainya anjing laut meniru suara yang kami putarkan untuk mereka," kata Stansbury.

"Suara yang mereka tirukan tidak sempurna, tetapi mengingat suara-suara itu bukan bunyi yang biasa mereka dengar, temuan ini cukup mengagumkan." lanjutnya.

Sementara menurut Janik, studi terhadap anjing laut itu telah menambah wawasan tentang evolusi pembelajaran bicara pada manusia, yang merupakan kunci dalam pengembangan bahasa.

Anjing Latu Zola menyanyikan Twinkle twinkle little star. (YouTube/ Inside Edition).
Anjing Latu Zola menyanyikan Twinkle twinkle little star. (YouTube/ Inside Edition).

 

Janik menjelaskan bahwa ada beberapa mamalia seperti paus, lumba-lumba, dan gajah yang bisa meniru suara manusia. Tetapi mereka menggunakan mekanisme berbeda.

Sementara saudara dekat manusia seperti simpanse dan gorila justru memiliki kemampuan vokal sangat terbatas.

"Anjing laut adalah satu-satunya mamalia yang kami tahu bisa menggunakan mekanisme yang sama (dengan manusia)," jelas Janik yang studinya diterbitkan dalam jurnal Current Biology.

Menurut Janik, mengetahui bahwa anjing laut bisa menggunakan lintasan vokal (vocal tract) yang sama dengan manusia untuk memodifikasi suara menunjukkan bahwa kemampuan bicara dipengaruhi oleh faktor genetika dan pembelajaran, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan metode baru dalam meneliti gangguan bicara.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa komunikasi anjing laut jauh lebih dari rumit dari diduga sebelumnya. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Terkait

Terkini