Selasa, 21 Mei 2019

Jelang Peringatan Peringatan 50 Tahun Apollo 11, Yuk Bantu NASA

Badan antariksa NASA sedang mempersiapkan peringatan Apollo 11 yang ke-50 tahun.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Pendaratan astronot di Bulan oleh NASA. (NASA)

Hitekno.com - Bandan antariksa Amerika Serikat, NASA sedang dalam persiapan untuk memperingati Apollo 11 yang ke-50 pada 20 Juli 2019 mendatang.

Untuk persiapan peringatan Apollo 11 ini, NASA meminta bantuan masyarakat untuk berpartisipasi dalam merekam ingatan mereka tentang momen bersejarah ini.

Jika masih ada seseorang yang hidup pada musim panas tahun 1969 ketika astronot Neil Armstrong mendaratkan kakinya di permukaan Bulan untuk pertama kalinya, maka NASA membutuhkan ingatan orang tersebut.

NASA berencana menggunakan beberapa rekaman di akun media sosialnya dan menjadikannya sebagai bagian dari "seri audio" yang dipersiapkan untuk peringatan tersebut.

Sementara itu, ingatan sejarah dalam bentuk lisan dari orang-orang yang terlibat langsung dalam misi sudah dikumpulkan NASA.

Tak hanya itu, NASA juga memiliki arsip besar berisi wawancara dengan orang-orang yang berpartisipasi dalam misi dan programnya selama bertahun-tahun, di mana transkrip wawancara dengan Neil Amstrong berdurasi 106 halaman.

Apollo 11. [Shutterstock]
Apollo 11. [Shutterstock]

 

Tetapi, proyek khusus ini berfokus pada orang-orang yang menyaksikan momen bersejarah tersebut, daripada yang mengalaminya secara langsung.

Menurut NASA, terdapat sekitar 530 juta orang yang menonton siaran langsung pendaratan di Bulan tersebut. Jika ingin berpartisipasi, maka NASA menyarankan untuk merekam menggunakan smartphone kemudian kirimkan rekaman tersebut melalui email [email protected] yang disertai nama dan kota asal ataupun negara.

Jika merasa bingung harus memulai dari mana, NASA juga menyediakan beberapa pertanyaan untuk membantu mempermudah ingatan, seperti pertanyaan "Menurut Anda bagaimana rasanya melihat manusia berjalan di Bulan?" dan "Di mana Anda ketika manusia berjalan di Bulan untuk pertama kalinya?"

Dilansir dari The Verge, proyek yang disebut dengan NASA Explorers: Apollo tersebut dapat didengar oleh siapapun pada musim panas tahun 2019 ini.

Seperti apa peringatan Apollo 11 yang ke-50 nanti? Tunggu saja pelaksanaan oleh NASA 20 Juli mendatang. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini