Senin, 16 September 2019

Bikin Takjub, Peneliti Temukan Kulit Dinosaurus Pertama di Dunia

Dinosaurus pertama di dunia ini rupanya adalah minisauripus.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cover_caption
Ilustrasi dinosaurus. (pixabay/RoyBuri)

Hitekno.com - Seperti diketahui, dinosaurus memang sudah lama punah. Banyak pendapat berbeda terkait bagaimana hewan purba ini punah, salah satunya adalah karena fenomena alam. Belum lama ini, peneliti baru saja menemukan kulit dinosaurus pertama di dunia. Tampilannya sukses buat takjub siapa saja.

Dinosaurus pertama di dunia ini rupanya adalah minisauripus. Jenis dinosaurus yang ini memiliki bentuk tubuh kecil yang membuatnya jadi terkecil dari dinosaurus yang lain.

Sejarah mencatat, minisauripus yang terjebak badai ini tanpa sengaja menginjak lumpur dan kemudian meninggalkan jejak. Jejak minisauripus ini yang lalu ditemukan dan awet.

Dilansir dari Independent, jejak dinosaurus pertama di dunia ini ditemukan di dekat Kota Jinju, Korea Selatan dalam penggalian besar. Setidaknya, ada lima jejak minisauripus yang ditemukan.

Kulit minisauripus. (Kyung Soo Kim/Scientific Reports)
Kulit minisauripus. (Kyung Soo Kim/Scientific Reports)

 

Pertama kali, jejak minisauripus ini ditemukan pada sebuah lempengan yang rusak. Diprediksi, akibat menginjak lumpur, tekstur kulit kaki minisauripus ikut terawetkan.

Penemuan ini disebut-sebut sebagai penemuan besar karena kulit dinosaurus tersebut masih begitu terjaga dengan baik. Jejak dinosaurus ini tercetak sempurna pada permukaan lumpur yang sangat tipis dan halus.

Saking baik dan terawat, jejak minisauripus ini memberikan kesan seolah dinosaurus kecil ini masih hidup sampai saat ini bersama manusia.

Sama seperti manusia, jejak minisauripus ini memiliki pola kulit yang bervariasi dan berfungsi sebagai penanda berbeda dalam tiap anatomi.

Kulit minisauripus. (Kyung Soo Kim/Scientific Reports)
Kulit minisauripus. (Kyung Soo Kim/Scientific Reports)

 

Para peneliti melihat jejak kulit dinosaurus jenis minisauripus ini menyerupai ampelas medium dengan skala ukuran sepertiga atau setengah milimeter. Sekilas jenis kulit ini mirip dengan kulit mumi yang ditemukan pada burung berbulu dari China.

Penemuan ini sukses menambah daftar panjang catatan dinosaurus di dunia. Apalagi untuk jenis minisauripus, penemuan ini makin memperkaya pengenalan mengenai dinosaurus kecil yang langka dan terbatas.

Ke depannya, para peneliti sedang dalam usaha untuk terus melakukan penelitian dan penemuan terkait jejak kecil seperti kulit dinosaurus minisauripus ini.

Terkait

Terkini