Jum'at, 26 April 2019

Dikira Sudah Punah, Teripang Purba Misterius Ini Muncul Kembali

Teripang ini bernama Sollasina Cthulhu.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cover_caption
Ilustrasi laut dalam. (Carbon Brief)

Hitekno.com - Belum lama ini, para ilmuwan menemukan spesies teripang purba yang sebelumnya diprediksi punah. Teripang ini bernama Sollasina Cthulhu.

Nama Sollasina Cthulhu ini serupa dengan nama monster mengerikan dalam kisah fiksi ilmiah yang ditulis oleh Howard Phillips Lovecraft.

Cthulhu merupakan karakter fiksi yang dibuat oleh Lovecraft dalam sebuah cerita pendek berjudul The Call of Cthulhu pada tahun 1928 lalu.

Dalam cerita fiksinya, Lovecraft menggambarkan monster ini dengan kepala mirip gurita, tubuh bersisik, punya cakar, dan sayap yang panjang.

Tidak semengerikan makhluk fiksi karya Lovecraft, teripang purba bernama Sollasina Cthulhu ini berukuran 2,5 sentimeter dengan kaki yang cukup banyak.

Para ilmuwan menjelaskan jika teripang purba ini memiliki total 45 kaki yang bekerja layaknya tentakel yang digunakan untuk merayap di dasar laut dan menangkap makanan.

Jumlah kaki-kaki kecilnya ini yang membuat teripang purba ini terlihat cukup besar jika dibandingkan dengan teripang atau hewan dasar laut lainnya.

Tampilan 3D teripang raksasa. (Yale Peabody Museum of Natural History)
Tampilan 3D teripang raksasa. (Yale Peabody Museum of Natural History)

 

Pada prediksi awal, teripang purba yang sudah berumur 430 juta tahun ini disebut merupakan spesies baru dari jenis echinodermata.

Demi penelitiannya ini, para ilmuwan perlu mengumpulkan berbagai fosil teripang sejenis yang ditemukan di sepanjang pantai Inggris.

Dilansir dari Daily Mail, super canggih, para ilmuwan menggunakan teknologi tomografi fisik-optik beresolusi tinggi yang memindai foto-foto teripang purba berjenis Sollasina Cthulhu ini menjadi bentuk 3D atau yang biasa disebut fosil virtual.

Hasilnya, para ilmuwan mengambil kesimpulan bahwa Sollasina Cthulhu ini merupakan kelompok teripang yang sempat punah dan disebut sebagai ophiocistioids.

Sebelum membuat kesimpulan bahwa ophiocistioids ini merupakan kelompok teripang, para peneliti sempat berpendapat jika Sollasina Cthulhu adalah spesies bulu babi atau landak laut.

Penemuan ini cukup menarik hingga membuat para ilmuwan dapat memahami perubahan atau evolusi kelompok pertama teripang hingga akhirnya menjadi bentuk akhirnya saat ini.

Hingga kini, penelitian terkait teripang purba bernama Sollasina Cthulhu ini masih dilakukan. Kita nantikan perkembangannya ya.

Terkait

Terkini