Jum'at, 26 April 2019

NASA Cari Relawan Untuk Tidur Selama 2 Bulan, Bayarannya Fantastis

Tertarik untuk menjadi relawan NASA untuk tidur selama 2 bulan dengan bayaran fantastis di atas?

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cover_caption
Logo NASA. (Shutterstock)

Hitekno.com - Belum lama ini, demi riset terbarunya, NASA berusaha mencari relawan untuk tidur selama dua bulan. Bayaran yang ditawarkan cukup fantastis untuk pekerjaan satu ini.

Riset ini dilakukan berdasarkan kerja sama antara NASA, European Space Agency (ESA), dan German Aerospace Center untuk menghasilkan studi berjudul Artificial Gravity Bed Study (AGBRESA).

Dilansir dari Space.com, studi ini bertujuan untuk menguji gravitasi buatan untuk mencegah atrofi otot dan tulang yang selama ini mengancam para astronot saat bertugas di luar angkasa.

Relawan hanya harus berbaring di tempat tidur dalam sebuah laboratorium di Jerman selama 60 hari. Seluruh aktivitasnya seperti eksperimen hingga makan dilakukan sambil berbaring.

Ilustrasi tur luar angkasa. (Pixabay/ Wikilmages)
Ilustrasi astronot. (Pixabay/ Wikilmages)

 

Studi ini sengaja membatasi gerak para relawan untuk mencegah terjadinya ketegangan pada tubuh. Sekaligus hal ini dilakukan untuk meniru efek gravitasi nol yang ada di ruang angkasa.

Tempat tidur para relawan ini diatur miring enam derajat untuk memudahkan terjadinya perpindahan cairan tubuh layaknya yang sering terjadi pada para astronot.

Setiap harinya, para relawan ini akan ditempatkan di ruangan dengan sentrifugal khusus dan akan diputar tiap hari untuk membuat darah mengalir normal.

Untuk penelitian awalnya ini, NASA bekerja sama dengan sekitar 24 partisipan yang terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan.

NASA. (NASA)
NASA. (NASA)

 

Sebelumnya, NASA pernah melakukan studi serupa di International Space Station dan Bumi. Metodenya hingga situasi lingkungan tempat studi ini berlangsung juga dibuat serupa dengan aslinya.

Secara total, studi yang dilakukan atas kerja sama antara NASA, ESA, dan German Aerospace Center ini akan berlangsung selama 89 hari yang sudah termasuk 5 hari orientasi dan 14 hari masa istirahat atau rehabilitasi.

Untuk pekerjaan dan penelitian ini, NASA menawarkan bayaran fantastis senilai 18.500 dolar AS atau setara dengan Rp 263,3 juta per orang untuk pekerjaan selama dua bulan.

Tertarik untuk menjadi relawan NASA untuk tidur selama 2 bulan dengan bayaran fantastis di atas?

Terkait

Terkini