Sabtu, 25 Mei 2019

Penelitian Ini Jelaskan Penampakan Hantu Secara Ilmiah

Ternyata penampakan hantu tergantung pada psikologis seseorang ya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cover_caption
Ilustrasi hantu. (Unsplash/rawpixel)

Hitekno.com - Siapa yang tidak ketakutan saat menonton film horor atau sedang berjalan sendiri di sebuah daerah yang sepi dan gelap. Perasaan ketakutan akan melihat penampakan hantu menjadi salah satu yang muncul. Lalu, secara ilmiah bagaimana penampakan hantu dapat dijelaskan?

Beberapa orang memang dikaruniakan kemampuan untuk dapat melihat sosok-sosok tak kasat mata yang disebut sebagai hantu ini.

Namun, dalam beberapa kasus, kamu yang sebelumnya tidak dapat melihat hantu, secara kebetulan akan punya bakat untuk dapat melihat hantu. Kok bisa ya?

Dilansir dari The Conversation, beberapa orang yang dapat melihat penampakan hantu bisa terjadi karena kesalahan pada sistem kerja otaknya. Kejadian ini dapat terjadi kemungkinan karena seseorang terlalu lelah.

Ilustrasi penampakan hantu. (Unsplash/Fernando Rodrigues)
Ilustrasi penampakan hantu. (Unsplash/Fernando Rodrigues)

 

Pada sebuah penelitian, disebutkan bahwa saat pikiran seseorang sedang tidak fokus dan banyak tekanan serta kurang tidur dan kelelahan, otak manusia akan berada dalam keadaan tidak fokus yang lalu berimbas pada penglihatan.

Kalau sudah begini, otak lalu akan berusaha mengisi informasi sekitar dengan informasi visual yang tidak lengkap. Pikiranmu lalu dapat memberikan gambaran yang tidak sepenuhnya benar. Hal ini lalu mengakibatkan proses melihat penampakan hantu berlangsung begitu cepat dan singkat.

Secara psikologi, fenomena saat seseorang melihat hantu dapat disebut sebagai histeria massa. Tekanan jangka panjang biasanya yang membuat seseorang merasa mudah pusing, mual, hingga kejang-kejang.

Yang terjadi kemudian adalah perasaan seperti melihat penampakan hantu, padahal itu bisa saja terjadi karena pengaruh cara kerja otak ini.

Ilustrasi hantu. (Unsplash/ Steinar Engeland)
Ilustrasi hantu. (Unsplash/ Steinar Engeland)

 

Penelitian lainnya beranggapan jika fenomena penampakan hantu ini terjadi karena sugesti berdasarkan image atau gambar terakhir yang dilihat.

Misalnya, saat kamu menonton film horor, kamu pasti akan langsung merasa was-was dan ketakutan dan otakmu akan mulai menciptakan berbagai skenario yang belum tentu benar terjadi.

Sugesti yang muncul ini bahkan sampai bisa menimbulkan dan masuk pada tahap halusinasi yang cukup berbahaya.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai penampakan hantu secara ilmiah, mengenai benar atau tidaknya semua kembali kepada kepercayaanmu ya.

Terkait

Terkini