Jum'at, 22 Februari 2019

Fenomena Ajaib Saat Tidur Ini Tidak Bisa Dijelaskan Oleh Para Ilmuwan

Bagaimana pendapat para ilmuwan mengenai fenomena ajaib saat tidur ini?

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cover_caption
Ilustrasi tidur. (pixabay/Wokandapix)

Hitekno.com - Tidur memang bukan hanya mengenai beristirahat setelah seharian menjalani kegiatanmu, untuk beberapa orang, tidak jarang malah mengalami fenomena ajaib saat sedang tidur. Sayangnya, hingga kini deretan fenomena ajaib tersebut masih belum bisa dijelaskan oleh para ilmuwan.

Beristirahat dengan cara tidur dipercaya mampu memulihkan energi, melemaskan otot serta melepaskan berbagai hormon-hormon seperti adrenalin.

Memejamkan mata di tempat tidur dirasa merupakan kegiatan paling positif dan wajib dilakukan manusia usai melakukan berbagai hal sepanjang hari berjalan.

Ilustrasi seorang perempuan tidur. (Pixabay/ C_Scott)
Ilustrasi seorang perempuan tidur. (Pixabay/ C_Scott)

 

Beruntunglah kamu yang sangat mudah tertidur, beberapa orang harus mengalami beberapa fenomena ajaib saat hendak memejamkan mata.

Walaupun tidak terlalu mengganggu, beberapa fenomena ajaib di antaranya ada juga yang justru mengganggu lho.

Dilansir dari Live Science, bagaimana pendapat para ilmuwan mengenai hal ini?

Fenomena ajaib pertama adalah berbicara ketika tidur. Berbicara saat tertidur sering kali disebut sebagai ngelindur. Beberapa orang berpendapat jika fenomena ini terjadi sebagai bentuk nyata dari mimpi yang sedang kamu alami.

Ilustrasi tidur. (pixabay/Wokandapix)
Ilustrasi tidur. (pixabay/Wokandapix)

 

Sayangnya, sampai saat ini tidak ada ilmuwan yang bisa menjelaskan mengenai kenapa hal ini terjadi dan apakah omongan yang terucap tersebut adalah cerminan dari mimpi yang sedang kamu alami. Uniknya, saat kamu tersadar dari mimpi ini, kamu tidak mampu menjelaskannya.

Fenomena ajaib yang kedua adalah tidur lumpuh. Tidur lumpuh ini sering juga disebut sebagai ketindihan. Biasanya saat kamu mengalami hal ini, tubuhmu tidak dapat bergerak.

Banyak yang menyebut ketindihan ini sebagai fenomena mistis. Tubuh yang tidak dapat bergerak disebut-sebut karena sosok makhluk halus sedang menindihmu.

Beberapa penelitian mencoba membongkar fenomena ajaib satu ini. Banyak yang menyebut jika hal ini terjadi karena tubuhmu terlambat merespon kesadaranmu, sehingga kamu akan terdiam dan tidak bisa bergerak saat terbangun.

Ilustrasi tidur. (pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi tidur. (pixabay/Engin_Akyurt)

 

Fenomena ajaib berikutnya adalah kencing saat terbangun. Kalau mengalami fenomena ini, kamu akan terbangun karena mengompol. Hal ini disebut terjadi karena kamu mengalami dua kebutuhan dalam waktu bersamaan, yaitu antara keinginan untuk tidur dan kencing. Namun, para ilmuwan rupanya tidak punya penjelasan ilmiah mengenai hal ini.

Terakhir, fenomena tidur sambil berjalan. Mungkin kasus ini paling sering kamu temui. Seseorang yang mengalami hal ini biasanya tanpa kendali akan berjalan sambil tertidur.

Umumnya, hal ini terjadi karena tubuh yang terlalu lelah hingga tak bisa melakukan hal lain selain tidur. Sama halnya dengan fenomena kencing saat terbangun, fenomena ini juga terjadi karena dua kebutuhan yang ingin kamu lakukan.

Untuk fenomena ajaib saat manusia tidur ini, para ilmuwan rupanya masih belum bisa menemukan penjelasan yang tepat. Kira-kira karena apa ya?

Terkait

Terkini