Sains
Jum'at, 05 Maret 2021

Serem Abis, Ini 5 Gunung Api Paling Berbahaya Jika Kembali Meletus

Nomor 4 dan 5 ada di Indonesia.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
sumber: BNPB
sumber: BNPB

Hitekno.com - Berbicara mengenai gunung api, mungkin sudah tidak terhitung jumlahnya yang diketahui atau bahkan yang tidak diketahui. Deretan gunung api ini juga ada yang berbahaya dan bahkan masih tidur hingga saat ini.

Kasus gunung api yang 'terbangun' dan sering kali mengancam kehidupan manusia memang sudah sering terjadi.

Guncangan hebat, lengkap dengan hujan abu dan aliran lava yang menyeramkan sekaligus mengancam kehidupan manusia memang bukan hal yang baru.

Di Indonesia, letusan Gunung Merapi belum lama ini bisa menjadi contohnya. Walaupun berskala kecil, letusan gunung ini sukses mengirimkan hujan abu ke beberapa daerah di dekatnya.

Dilansir dari BBVA Open Mind, berikut gunung api paling berbahaya di dunia. Dua antaranya datang dari Indonesia lho.

1. Gunung Vesuvius

Gunung Vesuvius. (Wikipedia/Brooklyn Museum)
Gunung Vesuvius. (Wikipedia/Brooklyn Museum)

 

Gunung Vesuvius terletak di Italia dan tercatat menjadi salah satu gunung api paling menyeramkan dengan letusannya pada 79 M yang sukses mengubur Kota Pompeii.

Bisa terbayangkan bagaimana dahsyatnya letusan gunung ini nantinya?

Tercatat, letusan terakhir Gunung Vesuvius terjadi pada 1944. Kini, pemerintah Italia hanya harus bersiap jika terjadi letusan lagi di masa yang akan datang.

2. Gunung Pinatubo

Gunung Pinatubo. (Wikipedia/Geological Survey.)
Gunung Pinatubo. (Wikipedia/Geological Survey.)

 

Gunung Pinatubo berada di Filipina dan terkenal sangat berbahaya saat meletus pada 1991. Letusan Gunung Pinatubo ini menjadi letusan terbesar kedua di abad ke-20.

Peristiwa letusan Gunung Pinatubo sukses menewaskan 722 orang dan menghasilkan aliran piroklastik yang membentuk kaldera di gunung berapi tersebut.

Jika gunung ini meletus lagi, setidaknya akan mengancam nyawa 21 juta orang yang tinggal di daerah tersebut.

3. Gunung Fuji

Gunung Fuji. (Wikipedia/DoctorJoeE)
Gunung Fuji. (Wikipedia/DoctorJoeE)

 

Gunung Fuji yang terletak di Jepang ini tercatat sudah tidak lagi meletus sejak 1707. Pada letusan terakhirnya, Gunung Fuji yang meletus ini sukses mengirimkan abu dan puing-puingnya hingga mencapai Tokyo.

Para ahli memprediksi, jika Gunung Fuji meletus lagi, sekitar lebih dari 25 juta orang bisa terkena dampak mengerikannya.

4. Gunung Agung

Gunung Agung. (Wikipedia/USGS)
Gunung Agung. (Wikipedia/USGS)

 

Selanjutnya, Gunung Agung di Bali, Indonesia. Letusan terdahsyat gunung ini terjadi pada 1963 dan berlangsung selama 11 bulan.

Letusan hebat ini membuat hujan abu dan aliran piroklastik yang membunuh ribuan korban jiwa dan merusak rumah-rumah.

Pada tahun 2018 lalu, Gunung Agung tercatat beberapa kali mengeluarkan lava hingga menyebabkan guncangan hebat. Setidaknya ada 4 juta jiwa yang berada di sekitar lokasi ini.

5. Gunung Merapi

Gunung Merapi. (Wikipedia/Collectie Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen)
Gunung Merapi. (Wikipedia/Collectie Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen)

 

Terakhir, datang dari Indonesia, ada Gunung Merapi, di Jawa Tengah. Gunung ini sudah terkenal dengan letusannya yang terus-menerus dan mengancam banyak nyawa.

Jika kembali terjadi, diprediksi letusan Gunung Merapi akan mengancam 24 juta jiwa yang tinggal di daerah sekitar Gunung Merapi tersebut.

Terkait

Terkini