Jum'at, 03 April 2020

Mengerikan, Awan Tsunami di Mamuju Ini Buat Warga Heboh

Kita nantikan penjelasan resmi dari para ilmuwan ya.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Awan tsunami di Mamuju. (instagram/makassar_iinfo)
Awan tsunami di Mamuju. (instagram/makassar_iinfo)

Hitekno.com - Unggahan @makassar_iinfo pada Kamis (17/01/2019) menjadi viral di Instagram. Dalam unggahan tersebut terlihat penampakan sebuah awan tsunami yang sukses membuat heboh warga Mamuju, Sulawesi Barat.

Menurut info dalam caption tersebut, kemunculan awan tsunami ini terjadi pada Kamis (17/01/2019).

''Kejadian 17 Januari 2019, Awan berbentuk tsunami selimuti langit Mamuju Sulbar. Salah Seorang wargapun mengabadikannya lewat foto.'' tulis caption dalam unggahan tersebut.

Dalam foto yang diunggah terlihat fenomena alam yang mengerikan dan unik ini. Warga yang melihatnya langsung mengabadikan momen tersebut dan mengunggahnya ke media sosial.

Fenomena penampakan awan tsunami ini terjadi di Kota Mamuju dan sekitaran Desa Kalubibing, wilayah Sulawesi Barat.

Sebelum kemunculan awan ini, wilayah Sulawesi Barat dilanda hujan yang turun dengan intensitas sedang hingga deras.

Awan tsunami di Mamuju. (instagram/makassar_iinfo)
Awan tsunami di Mamuju. (instagram/makassar_iinfo)

 

Dari bentuknya, awan tersebut merupakan awan kumulonimbus atau yang dikenal juga sebagai awan tsunami. Fenomena ini rupanya paling diketahui oleh penerbangan.

Awan kumulonimbus sendiri merupakan awan vertikal yang menjulang tinggi, padat, dan dirini dengan badai petir dan cuaca yang dingin.

Berbentuk layaknya gelombang laut yang siap menerjang daratan, awan menyeramkan yang masih belum dijelaskan apa ini memang masih menjadi misteri.

Ada juga yang menyebut fenomena ini sebagai tsunami langit karena disebabkan oleh ketidakstabilan Kelvin-Helmholtz pada awan.

Awan ini biasanya terbentuk di daerah dataran luas saat angin dengan cepat mengubah kecepatannya dan menciptakan turbulensi.

Awan tsunami di Mamuju. (instagram/makassar_iinfo)
Awan tsunami di Mamuju. (instagram/makassar_iinfo)

 

Dikutip dari Daily Mail, awan yang berbentuk tsunami yang menyentuh tanah biasanya merupakan gabungan awan dari awan Stratus.

Namun apabila terjadi pada ketinggian yang lebih tinggi, itu merupakan gabungan dari awan Cirrus ketika arus udara bertemu dengan kecepatan dan tekanan yang berbeda.

Pada awal Januari 2019, awan hitam serupa yang mirip gelombamg tsunami juga pernah muncul di atas langit Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Masih belum diketahui apa sebenarnya awan tsunami yang muncul di langit Mamuju, Sulawesi Barat ini. Kita nantikan penjelasan resmi dari para ilmuwan ya.

Terkait

Terkini