Sabtu, 16 Januari 2021

NASA Potret Penampakan Telapak Kaki Kucing di Luar Angkasa

Hello there, Cat's Paw Nebula!

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Cat's Paw Nebula. (nasa.gov)
Cat's Paw Nebula. (nasa.gov)

Hitekno.com - Belum lama ini, teleskop Spitzer Space milik NASA berhasil memotret penampakan telapak kaki kucing yang muncul di luar angkasa secara misterius.

Jika kamu berpikir jika penampakan telapak kaki raksasa ini berasal dari kucing sungguhan, tentu kamu salah.

Penampakan mirip telapak kaki kucing ini ternyata merupakan nebula atau awan antar bintang yang biasanya dikenal sebagai Cat's Paw Nebula atau Nebula Telapak Kucing.

Potret telapak kaki kucing ini merupakan hasil dari Galactic Legacy Mid-Plane Survey Extraordinaire atau yang dikenal juga sebagai GLIMPSE.

Sejauh ini, proyek NASA ini sudah membuat peta paling akurat mengenai pusat galaksi yang ada di tata surya. Para peneliti NASA memberi nama Cat's Paw Nebula ini dengan kode NGC 6334.

Cat's Paw Nebula. (nasa.gov)
Cat's Paw Nebula. (nasa.gov)

 

Cat's Paw Nebula yang ditemukan ini berada di 4.200 hingga 5.500 tahun cahaya dari Bumi. Penampakan ini terletak pada rasi bintang Scorpius alias Skorpio.

Bentuknya yang berwarna merah muda dan berbentuk seperti telapak kaki kucing ini ternyata merupakan hasil dari gelembung gas panas pada nebula.

Warna merah muda tersebut muncul karena adanya bintang-bintang baru yang memanaskan gas yang ada di sekelilingnya.

Sedangkan bagian hijau di penampakan nebula ini merupakan tempat bintang panas bertabrakan dengan molekul yang disebut sebagai hidrokarbon aromatik polisiklik. Tabrakan ini lalu menyebabkan munculnya fluoresensi.

Bagian hitam di area nebula adalah kumpulan gas dan debu yang sangat tebal hingga cahaya inframerah bahkan tidak mampu menembusnya.

Carina Nebula. (nasa.gov)
Carina Nebula. (nasa.gov)

 

Penampakan telapak kaki kucing di luar angkasa ini ditemukan berkat teleskop Spitzer Space milik NASA. Teleskop ini rupanya mampu mengambil gambar nebula dan memiliki kemampuan untuk melihat objek melalui debu dan gas yang dapat dilihat dengan menggunakan pencitraan inframerah.

Nebula yang ada di luar angkasa terdiri dari debu, hidrogen, helium, dan gas yang terionisasi lainnya. Untuk itu, teleskop ini sangat sesuai untuk menangkap gambar nebula berbentuk telapak kaki kucing ini.

NASA sendiri berhasil menangkap dua gambar telapak kaki kucing atau Cat's Paw Nebula. Gambar pertama diambil dengan menggunakan Multiband Imaging Photometer (MIPS) dan Infrared Array Camera (IRAC). Untuk gambar kedua, hanya diambil dengan menggunakan IRAC.

Setelah menemukan penampakan telapak kaki kucing, NASA juga menemukan daerah nebula lainnya yang disebut sebagai Lobster Nebula alias Nebula Lobster.

Terkait

Terkini