Senin, 23 November 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 14 November 2018 | 14:30 WIB

Hitekno.com - Sejumlah pilot melaporkan telah melihat benda mencurigakan, yang sering disebut sebagai UFO. Dari laporan para pilot ini, pihak otoritas penerbangan sipil Irlandia sedang melakukan penyelidikan.

Setidaknya tiga pilot dari pesawat berbeda pada akhir pekan kemarin. Seperti diwartakan sebelumnya sejumlah pilot dari tiga pesawat berbeda mengaku melihat UFO di atas pesisir barat daya Irlandia pada Jumat 9 November 2018 pagi.

Juru bicara otoritas penerbangan sipil Irlandia mengatakan pihaknya akan menginvestigasi insidn itu dan akan membuat laporan resmi.

''Laporan ini akan diselidiki dalam proses investigasi normal,'' kata sang juru bicara kepada Irish Times seperti dilansir The Guardian, Selasa (13/11/2018).

Ia menambahkan bahwa kecil kemungkinan UFO itu adalah pesawat alien atau alien dari planet lain.

Ilustrasi pesawat terbang. (unsplash/Jordan Sanchez)

 

Adapun pilot pertama yang melaporkan penampakan UFO itu berasal dari pesawat British Airways dengan nomor penerbangan BA94, yang sedang terbang dari Montreal, Kanada ke Heathrow, Inggris.

Pilot itu kepada menara pengawas mengaku melihat cahaya sangat terang dan sebuah objek terbang di sisi kiri pesawat. Objek itu kemudian melesat dalam kecepatan tinggi ke utara.

Ia sempat bertanya ke menara pengawas, apakah sedang ada latihan militer di sekitar wilayah tersebut dan dijawab tidak ada.

Ilustrasi pesawat. (pexels/revac film's&photography)

 

''Radar utama dan sekunder juga tak menangkap apa-apa,'' terang petugas di menara pengawas Shannon, Irlandia.

Pilot kedua yang melihat UFO itu dari pesawat Virgin Air yang terbang dari Orlando menuju Manchester. Ia menggambarkan objek itu seperti meteor dan menambahkan bahwa ada beberapa objek yang melesat mengikuti objek tersebut.

Ia memperkirakan UFO itu melesat dengan kecepatan Mach 2 atau dua kali lebih cepat dari kecepatan suara.

Seorang pilot lain dari pesawat Norwegian Air 737, yang terbang dari New York, AS ke Shannon, Irlandia juga tampkanya melihat UFO tersebut. Ia menimpali percakapan antara pilot Virgin itu dengan menara pengawas.

''Syukurlan, bukan hanya saya yang melihatnya,'' ujar dia.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Irlandia Selidiki Penampakan UFO yang Dilaporkan Sejumlah Pilot.

BACA SELANJUTNYA

Apa Itu Lenticular Clouds? Ini Penjelasan Awan Mirip Bentuk UFO di Gunung