Sabtu, 28 November 2020

Terbongkar, Ini Isi Peti Mati Hitam Zaman Firaun

Para Arkeolog membongkar isi peti mati hitam zaman Firaun dan isinya ternyata mengejutkan banyak pihak.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Sumber: The Independent
Sumber: The Independent

Hitekno.com - Masyarakat Mesir dan sebagian masyarakat lainnya banyak yang percaya bahwa isi peti mumi dapat menghadirkan bencana dan kutukan. Sebuah peti hitam misterius ditemukan dua minggu yang lalu dan banyak orang penasaran terhadap isi peti hitam Firaun tersebut.

Sarkofagus hitam tersebut akhirnya dibuka oleh para arkeolog Mesir dan ternyata isinya berbeda dengan ekspetasi kebanyakan orang. Sebelumnya peti hitam dengan bahan utama granit diprediksi berisi mayat Alexander Agung.

Dilansir dari bbc.co.uk, peti hitam itu berisi tiga kerangka dan air limbah berwarna merah kecokelatan serta bau menyengat tak tertahankan.

Kementerian Barang Antik Mesir telah menunjuk arkeolg untuk membuka peti hitam di lokasi penelitian.

Sumber:   Reuters
Sumber: Reuters

 

Pertama kali, mereka mengangkat tutup makam hanya setinggi 5 cm. Bau menyengat memaksa mereka menjauh dari peti hitam misterius tersebut. Insinyur militer Mesir akhirnya turun tangan dan berhasil membuka peti hitam Firaun tersebut.

"Kami menemukan kerangka tiga orang dalam peti mati dan tampak seperti kuburan keluarga, sayangnya mumi di dalamnya tidak dalam kondisi terbaik dan hanya tulang yang tersisa," kata Mostafa Waziri seorang Sekretaris Jenderal Supreme Council of Antiquities.

Berat peti hitam itu sekitar 27 ton dan diyakini dari periode Ptolemaic awal, yang dimulai pada 323 SM setelah kematian Alexander Agung.

Sumber:  BBC.co.uk
Sumber: BBC.co.uk

 

Para ahli mengatakan tiga individu itu kemungkinan adalah tentara pada masa Firaun .

Waziri membuktikan ketakutan media lokal dan mitos yang beredar di masyarakat mengenai kutukan Firaun adalah sesuatu yang tidak nyata.

"Kami telah membukanya dan, terimakasih Tuhan, dunia belum jatuh ke dalam kegelapan," kata Waziri menambahkan.

Setelah menemukan isi peti hitam Firaun , mereka akan mempelajari makam secara mendalam dan menyelidiki bagaimana mereka meninggal.

Terkait

Terkini