Rabu, 23 September 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 14 Juli 2018 | 14:45 WIB

Hitekno.com - NASA menangkap gambar dua batuan antariksa atau asteroid yang mengorbit satu sama lain. Asteroid kembar ini dinamakan 2017 YE5.

Salah satu asteroid ini berwarna terang, dan yang satunya relatif lebih gelap. Nasa menyebut keduanya sebagai evil twin.

Kedua batuan ini memiliki ukuran yang hampir sama. Asteroid kembar seperti ini sangat tidak biasa karena jarang ditemukan.

Dilansir Metro.co.uk, sampai saat ini baru ditemukan empat asteroid kembar berukuran sama yang dekat dengan Bumi.

NASA memasukkan 2017 YE5 ini dalam klasifikasi 'berpotensi membahayakan', namun bukan karena jalurnya bertabrakan dengan Bumi.

Asteroid kembar 2017 YE5 [metro.co.uk].

 

Asteroid kembar ini masing-masing memiliki ukuran 900 meter. Dengan ukuran ini, NASA masih bisa mengetahui jika mendekat ke Bumi.

Jika satu asteroid ini menghantam Bumi, bisa melenyapkan sebuah kota dan membunuh jutaan orang dan menyebabkan kehancuran skala luas.

Yang lebih menakutkan adalah mereka kembar yang selalu berdampingan. Jika keduanya menghantam Bumi bersamaan, dampaknya bisa dua kali lipat.

Asteroid kembar 2017 YE5 [metro.co.uk].

 

Para astronom dapat dengan mudah melacak batuan ruang angkasa berukuran besar yang berpotensi mengancam kepunahan manusia di Bumi.

Namun tidak dengan asteroid kecil yang bisa melenyapkan kota. Yang ukuran ini, baru terdeteksi beberapa jam atau beberapa hari sebelum menabrak Bumi.

Untungnya asteroid kembar ini masih terlacak oleh para astronom NASA.

BACA SELANJUTNYA

Berlimpah Logam, NASA Ungkap Keinginan Buka Tambang di Bulan