Sabtu, 28 November 2020

Cina Gunakan Kawanan Burung Robot untuk Awasi Warganya

Setiap burung robot dilengkapi dengan teknologi GPS, kamera definisi tinggi dan sistem kontrol penerbangan yang terhubung dengan satelit.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Kawanan Burung (sumber foto: Pixabay)
Ilustrasi Kawanan Burung (sumber foto: Pixabay)

Hitekno.com - Sebuah laporan terungkap bahwa kawanan burung robot menghiasi langit CIna ternyata dilengkapi pengawasan berteknologi tinggi.

Program "spy bird", yang pertama kali dilaporkan oleh South China Morning Post, sudah beroperasi setidaknya di lima provinsi dan menyediakan sulur lain di jaringan pengawasan negara maju.

Drone dove, seperti sedang dikembangkan oleh para peneliti di Northwestern Polytechnical University di provinsi Shaanxi, yang sebelumnya telah bekerja pada jet tempur siluman yang digunakan oleh angkatan udara Cina.

Salah satu peneliti yang terlibat mengatakan, peluncuran teknologi itu masih dalam tahap awal.

"Skala ini masih kecil," kata Yang Wenqing, seorang profesor di Sekolah Aeronautika universitas yang bekerja pada program tersebut.

"Kami percaya teknologi ini memiliki potensi yang baik untuk penggunaan berskala besar di masa depan ... ia memiliki beberapa keuntungan unik untuk memenuhi permintaan drone di sektor militer dan sipil."

Setiap burung robot dilengkapi dengan teknologi GPS, kamera definisi tinggi dan sistem kontrol penerbangan yang terhubung dengan satelit untuk memungkinkan remote control. Drone juga menggunakan motor listrik kecil untuk mengepakkan sayap, sehingga hewan ternak di tanah tidak dapat membedakannya dari burung sungguhan.

Baru-baru ini, Cina menguji armada kapal drone yang mampu membentuk "gerombolan hiu" melawan kapal musuh.

Latihan yang melibatkan 56 kapal tak berawak terjadi di Laut Cina Selatan awal bulan ini untuk menunjukkan kemampuan mereka bekerja dalam formasi selama perang laut.

"Setelah dilengkapi dengan senjata, kapal tempur kecil tak berawak dapat menyerang musuh dalam jumlah besar, mirip dengan drone," kata Li Jie, seorang ahli angkatan laut Cina, pada saat itu.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Mata-matai Warganya, Cina Gunakan Kawanan Burung Robot.

Terkait

Terkini