alexametrics
Internet
Minggu, 16 Mei 2021

Mengenal Triomphant Class, Kapal Selam Termahal di Dunia Buatan Prancis

Kapal selam militer termahal di dunia buatan Prancis, bernama Triomphant Class.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Kapal selam termahal. (Wikipedia Commons/Wmeinhart)
Kapal selam termahal. (Wikipedia Commons/Wmeinhart)

Hitekno.com - Tragedi tenggelamnnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan utara Bali memberikan duka untuk warga Indonesia, termasuk banjir doa untuk 53 awak kapal keluarga korban yang tengah bertugas.

Selain berduka pada keluarga korban, kini netizen mulai ramai mengajak rakyat Indonesia agar patungan membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala 402 yang telah hancur hingga tiga bagian tersebut.

Dilansir dari Suara.com, ''Ajakan itu diumumkan UAS di laman instagramnya UAS. Penggalangan dana ini merupakan insiasi Masjid Jogokariyan Jogyakarta guna menggalang donasi.''

“Open Donasi Patungan Rakyat Indonesia untuk Pembelian Kapal Selam Pengganti Nanggala 402 Bersama Masjid Jogokariyan Jogja,” ajak UAS untuk beli kapal selam baru dalam instagramnya Ustaz Abdul Somad Instagramnya Senin 26 April 2021.

Kapal selam termahal. (Wikipedia Commons/Wmeinhart)
Kapal selam termahal. (Wikipedia Commons/Wmeinhart)

 

Berbicara mengenai harga kapal selam, terdapat kapal selam militer termahal di dunia buatan Prancis, bernama Triomphant Class.

Kapal selam Triomphant Class terdiri dari 4 jenis, yang pertama dirilis 1994 yaitu Le Triomphant, sedangkan versi terbaru dinamakan Le Terrible dan dirilis sejak 20 September 2010 dan diperkirakan paling mahal harganya.

Diperkirakan kapal selam Le Terrible ini seharga 3,1 miliar Euro atau sekitar Rp 54 triliun.

Ditaksir dengan harga puluhan triliun, kapal selam militer Prancis ini memiliki tempur yang dahsyat.

Dilansir dari laman Military Today, senjata kapal selam Le Terrible ini memiliki senjata rudal balistik nuklir M51 SLBM yang dapat menyasar target sejauh 10 ribu kilometer.

Dengan kemampuannya tersebut, kapal selam Le Terrible ini bisa mencapai pada daratan China atau Amerika Serikat bisa dicapainya.

Selain itu, kapal selam Le Terrible ini memiliki berat mencapai 12.640 ton di permukaan air dan panjang 138 meter dan bisa menampung lebih dari seratus awak kapal.

Itulah kapal selam termahal di dunia. Jadi kita lihat saja berapa uang yang dikumpulkan netizen Indonesia untuk membeli kapal selam baru ya.

Terkait

Terkini