Internet
Senin, 12 April 2021

Ramai Keluhan Google, Gmail dan YouTube Down

Sejak kapan layanan Google ini down?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi YouTube. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)
Ilustrasi YouTube. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Hitekno.com - Beberapa netizen di media sosial sempat menyampaikan keluhannya soal beberapa layanan Google yang terkendala. Seperti laporan Google, Gmail, dan YouTube down banyak disampaikan hari ini, Kamis (8/4/2021) pagi.

Hal ini terlihat dari banyaknya netizen yang mengeluhkan melalui media sosial. Seperti Twitter, kata Google sampai menempati trending topik Twitter pagi dengan beragam keluhan netizen.

Dari pantauan HiTekno.com melalui Downdetector, juga sempat terlihat kenaikan laporan Google, Gmail, dan YouTube down pagi ini. Termasuk beberapa layanan Google lainnya juga terlihat ada kenaikan.

Menurut laporan Downdetector, laporan YouTube down sudah terlihat sejak pagi hari ini. Sekitar pukul 9.45 mulai muncul sejumlah laporan, dan puncaknya menjelang siang hari sekitar 11.15.

Hal serupa juga terjadi pada layanan Google lainnya seperti Gmail, Google Meet, Google Drive, termasuk pencarian Google sendiri juga dilaporkan netizen mengalami gangguan.

Laporan Google, Gmail, Google Meet, Googe Drive, dan YouTube down. (Downdetector)
Laporan Google, Gmail, Google Meet, Googe Drive, dan YouTube down. (Downdetector)

 

Dari Downdetector juga, didapati laporan paling banyak untuk YouTube adalah tidak bisa menonton video. Juga ada laporan website layanan ini tidak bisa diakses.

Dalam peta laporan YouTube down di Downdetector, paling banyak yang mengeluhkan maslah ini ada di pulau Jawa, terutama kota besar seperti Jakarta Surabaya, dan Semarang.

Terlihat dalam peta pula, banyak laporan yang muncul di Singapura, Medan, dan sejumlah kota besar lain di Indonesia. Sama halnya dengan keluhan soal layanan Google lainnya.

Sedangkan untuk Google sendiri, laporan paling banyak pengguna tidak bisa login dan melakukan pencarian. Lalu Google Drive dilaporkan pengguna tidak bisa meload aplikasinya

Masalah pengguna Google Meet juga mirip, dilaporkan paling banyak tidak bisa gabung. Juga ada laporan tidak bisa login hingga kualitas video yang dirasa tidak seperti biasanya.

YouTube down. (Downdetector)
YouTube down. (Downdetector)

 

Makin siang, laporan mengenai Google dan YouTube down terlihat mekin menurun. Seiring dengan mulai berkurangnya keluhan netizen soal layanan yang terkendala tersebut.

Terkait

Terkini