Internet
Senin, 12 April 2021

Ngajar Online, Guru TK Ini Rela Keliling Kebun Binatang untuk Siswanya

Aksinya ini bikin netizen salut.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi belajar online. (Pixabay/finelightarts)
Ilustrasi belajar online. (Pixabay/finelightarts)

Hitekno.com - Kegiatan belajar mengajar kini hanya bisa dilakukan via online sejak pandemi. Para siswa harus mengikuti kelas dari rumah masing-masing. 

Meski tak selalu berjalan mulus, metode pembelajaran jarak jauh tak menyurutkan semangat para guru untuk mengajar siswa-siswanya. Begitupun dengan Garrett Talcott, seorang guru TK yang tinggal di Seattle, Amerika Serikat.

Ia memutuskan untuk pergi berkeliling ke kebun binatang, demi mengenalkan siswanya dengan beragam macam hewan secara virtual.

Ia merekam aksi tersebut di TikTok miliknya dan tidak pernah menyangka apa yang ia lakukan akan menjadi viral. Dalam video tersebut, Talcott berjalan mengelilingi Kebun Binatang Woodland Park sambil membawa laptop dan mengajar kepada 27 siswa taman kanak-kanak secara virtual.

Guru TK keliling Kebun Binatang (TikTok/ vividmichael)
Guru TK keliling Kebun Binatang (TikTok/ vividmichael)

"Saya sangat bersemangat untuk membawa mereka semua ke sana. Banyak yang bisa kita pelajari dari kebun binatang. Sekolah kami benar-benar baru, saat ini tahun ketiga, dan saat ini kami tidak melakukan karyawisata ke kebun binatang. Saya sendiri, tinggal sepuluh menit dari kebun binatang, dan mengajar dari jarak jauh, saya ingin menggunakan sumber daya itu," ungkapnya seperti dilansir TODAY Parents.  

Dalam video kedua, Talcott menunjukkan hewan, bertanya kepada siswanya tentang habitat, berbicara tentang apa yang dimakan hewan, dan bahkan mendorong mereka untuk membaca tanda.

"Ini perjalanan yang luar biasa!," salah satu siswa terdengar berteriak.

"Dan kita masih bisa melihat binatang!" yang lain berteriak.

Talcott mengatakan kelas tersebut telah mulai belajar tentang habitat, maka ide untuk mengunjungi kebun binatangpun muncul. Dia menelepon kebun binatang untuk memastikan kunjungan bisa dilakukan seklaigus tes jaringan internet nirkabel.

Talcott memberi tahu bahwa gayanya dalam mengajar butuh keterlibatan. "Para siswa ini ada di rumah siapa yang tahu apa yang terjadi dalam hidup mereka  hal-hal positif dan tantangan,” katanya.  

"Saat saya menekan tombol 'temui langsung', ini tentang para siswa dan memastikan mereka memiliki hari terbaik yang pernah ada. Panggilan kelas ini mungkin menjadi sorotan mereka."

"Ini adalah keluarga kelas kami, sehingga mereka dapat berbagi dengan saya, saya dapat berbagi dengan mereka. Energi mereka mengisi hati saya. Jika saya tidak kelelahan saat menutup panggilan, itu berarti saya tidak mengerahkan seluruh kemampuan saya," tutupnya.

Unggahan video guru yang berkeliling kebun binatang untuk mengajar siswanya ini telah dilihat hingga lebih dari 880 ribu kali dan mendapatkan beragam respon positif dari netizen. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Terkait

Terkini