alexametrics
Internet
Sabtu, 08 Mei 2021

Dukung Transaksi Ratusan UMKM, Gojek dan Pemprov DIY Beri Gratis Ongkir

Melalui program SIBAKUL - akSI coBA KUliner, Gojek dan Pemprov DIY memberikan gratis ongkos kirim.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Sinergi Gojek dan Pemprov DIY gratiskan ongkir GoFood. (Gojek)
Sinergi Gojek dan Pemprov DIY gratiskan ongkir GoFood. (Gojek)

Hitekno.com - Kabar gembira bagi pecinta kuliner DI Yogyakarta, Gojek berkolaborasidengan Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta menghadirkan program gratis ongkos kirim (ongkir) untuksetiap transaksi di ratusan UMKM Kuliner binaan Pemprov, SiBakul, yang juga adalah Mitra UsahaGoFood. Program ini membuat penikmat kuliner menjadi #LebiHepi, lalu di saat bersamaan turut membantu pelaku UMKM Kuliner bertumbuh di masa pandemi ini.

Melalui program SIBAKUL - akSI coBA KUliner, Gojek dan Pemprov DIY memberikan gratis ongkos kirim maksimal Rp50.000,- untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui layanan GoFood di aplikasi Gojek bagimasyarakat Yogyakarta dengan minimal transaksi Rp50.000,-. Subsidi dalam bentuk gratis ongkos kirimhingga maksimal Rp50.000,- diharapkan mampu meningkatkan daya beli masyarakat Yogyakarta terhadap UMKM kuliner lokal, sehingga perekonomian terus berputar.

District Head Gojek Jateng & DIY - Ridzky Novasandro mengatakan, “Kuliner dan UMKM adalah elemenyang sangat melekat dengan identitas Provinsi DI Yogyakarta. Di masa pandemi, sektor UMKM khususnyadi bidang wisata kuliner mengalami dampak langsung. Gojek mendukung upaya Pemerintah Provinsi DIYogyakarta untuk membantu ratusan UMKM bertahan dan bangkit di tengah pandemi COVID-19. Kamiberkolaborasi melalui aplikasi GoFood yang diharapkan dapat mendukung peningkatan pendapatanpelaku UMKM. Kami optimis program gratis ongkos kirim ini dapat mendorong para pelanggan untukmembeli kuliner dari aplikasi GoFood dan membantu memaksimalkan pendapatan ratusan pelaku usahaUMKM di Provinsi DI Yogyakarta.''

Si Bakul adalah UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM menjual berbagai kuliner seperti Gudeg, SaladSayur, Rujak, makanan sehat untuk para vegetarian, Sego Pecel, Bakpia, Ayam Geprek, Asinan, dan escendol yang tersedia di dalam aplikasi GoFood.Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DI Yogyakarta Srie Nurkyatsiwi mengatakan, “TerimakasihGojek atas dukungannya, kami tidak bisa sendiri hubungan kita adalah hubungan yang salingmembutuhkan. Jadi diawal kami melakukan pendataan dan hampir 59 persen menginginkan adanyasolusi pemasaran dan jawabannya adalah di market hub ini dengan fasilitas free ongkir menggandengGojek. “ ungkap Srie Nurkyatsiwi dalam acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama Aplikasi GoFooduntuk Mendukung Bangkitnya UMKM Yogyakarta.

Sinergi Gojek dan Pemprov DIY gratiskan ongkir GoFood. (Gojek)
Sinergi Gojek dan Pemprov DIY gratiskan ongkir GoFood. (Gojek)

 

Selain program gratis ongkos kirim melalui GoFood, kerjasama pemerintah Provinsi DIY dan Gojek juga memberikan kesempatan kepada ratusan UMKM lainnya untuk bergabung kedalam ekosistem GoFooddengan lebih mudah menggunakan layanan Daftar Mandiri melalui aplikasi GoBiz. Ketahanan ekonomi selama pandemi COVID-19 di Provinsi DI Yogyakarta ternyata mampu didukung olehkeberadaan ekosistem ekonomi digital yang dimiliki Gojek. Solusi teknologi dan non-teknologi yang ditawarkan platform digital Gojek membantu pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM)beradaptasi sehingga bisa bertahan di situasi pandemi COVID-19, dan tetap optimis bertumbuh kedepannya. Salah satunya melalui kemudahan migrasi UMKM dari offline ke online, atau mempercepatUMKM untuk go digital.

Kolaborasi Gojek dan Pemerintah Daerah DI Yogyakarta Dorong Pemulihan Ekonomi UMKMSelain program promo Gratis ongkos kirim, sebelumnya Gojek juga turut membantu keberlangsunganpendapatan ribuan pedagang di 23 pasar tradisional dengan bersinergi bersama Pemkot Yogyakartauntuk memberikan Cashback senilai Rp10.000,- pada setiap transaksi yang dilakukan melalui GoShop.Inisiatif ini mendorong terjadinya peningkatan transaksi sebesar 28% pada layanan GoShop dan parapedagang di pasar tradisional mengalami kenaikan omset sebesar 25% selama periode cashback GoPay berlangsung.

Pasar Kranggan dan Pasar Pathuk menjadi pasar dengan tujuan belanja favorit menggunakan layananGoShop di Kota Yogyakarta. Rata-rata pengguna GoShop membeli daun pisang, bunga, bumbu dapur,sembako, dan makanan atau jajanan tradisional.Gojek juga bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Promo Gebyar 2.000 UMKM yangturut mendorong kenaikan omset UMKM di kabupaten Sleman sebesar 20% dibandingkan denganperiode sebelumnya. UMKM kuliner, mitra usaha GoFood yang mengikuti program promosi tersebutmendapat dukungan berupa subsidi, kerjasama Gojek dan Pemerintah Kabupaten Sleman sehinggadapat mengikuti promo secara gratis.  

Terkait

Terkini