Internet

Lindungi Pengguna Remaja, Instagram Rilis Kebijakan Privasi Baru

Sejumlah kebijakan privasi baru Instagram ini bertujuan untuk melindungi para remaja.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/ Kate Torline)
Ilustrasi Instagram. (Unsplash/ Kate Torline)

Hitekno.com - Aplikasi berbagi foto dan video Instagram belum lama ini merilis kebijakan privasi terbaru untuk melindungi para pengguna remaja. 

Mengutip The Verge, Instagram melarang orang dewasa untuk mengirimkan pesan langsung (Direct Message) kepada remaja yang tidak mengikuti mereka. Kemudian, Instagram juga memperkenalkan petunjuk keamanan yang akan muncul kepada remaja saat mereka mengirimkan Direct Message kepada orang dewasa yang telah menunjukkan perilaku yang berpotensi mencurigakan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak kebijakan privasi baru Instagram yang telah dirangkum berikut ini. 

Pilihan Blokir atau Laporkan

Setiap remaja akan mendapatkan pilihan atau opsi untuk memblokir atau melaporkan orang dewasa yang mengirimi mereka pesan. Hal tersebut tentunya akan mengingatkan pengguna muda untuk tidak merasa tertekan saat menanggapi pesan.

Selain itu juga supaya lebih berhati-hati dalam berbagi foto, video, atau informasi dengan seseorang yang tidak dikenal.

Pemberitahuan akan muncul ketika sistem moderasi Instagram menemukan perilaku yang mencurigakan dari pengguna dewasa. Perilaku mencurigakan yang dimaksud dapat mencakup pengiriman sejumlah besar permintaan pertemanan atau pesan kepada orang-orang yang berusia di bawah 18 tahun.

Ilustrasi Instagram. [Shutterstock]
Ilustrasi Instagram. [Shutterstock]

Pihak Instagram mengatakan bahwa fitur ini akan tersedia di beberapa negara bulan ini dan segera tersedia secara global. Cukup menarik, bukan? 

Melansir blog resmi Instagram, pihaknya ingin setiap orang tua memiliki informasi untuk membantu anak-anak mereka mendapatkan pengalaman yang aman dan positif di Instagram. Hal ini mencakup tools keamanan, pengaturan privasi terbaru, serta daftar tips pembuka percakapan untuk membantu orang tua menavigasi diskusi dengan remaja tentang kehadiran online mereka.

Panduan yang telah diperbarui ini tersedia di beberapa negara termasuk Indonesia, lho. Kemudian akan terus diluncurkan di lebih banyak negara segera. Berikut ini daftar lengkapnya:

  • Argentina
  • Brasil
  • India
  • Indonesia
  • Jepang
  • Meksiko
  • Singapura

Pilihan Akun Privat

Selain kebijakan privasi baru Instagram, para remaja juga didorong untuk menjadikan akun mereka privat. Memiliki akun pribadi tentunya akan menawarkan lebih banyak perlindungan bagi remaja karena mereka dapat lebih mengontrol siapa yang dapat melihat dan berinteraksi dengan konten mereka.

Baru-baru ini Instagram juga telah menambahkan langkah baru ketika seseorang berusia di bawah 18 tahun akan mendaftar. Mereka akan diberikan pilihan akan membuat akunnya publik atau pribadi.

Jika remaja tersebut tidak memilih 'pribadi' saat mendaftar, maka Instagram akan mengirimi mereka pemberitahuan di kemudian hari tentang manfaat akun pribadi dan mengingatkan mereka untuk memeriksa pengaturan mereka. 

Adanya kebijakan privasi baru Instagram, diharapkan para remaja dapat menggunakan Instagram dengan aman dan nyaman. (Suara.com/Farah Nabila)

Berita Terkait