alexametrics
Internet
Sabtu, 08 Mei 2021

Ujung Kasus Penghapus Lagu K-Pop, Ini Pernyataan dari Spotify

Spotify umumkan perusahaan telah mencapai kesepakatan dengan Kakao Entertainment Corp.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Spotify. (unsplash/Fimpli)
Ilustrasi Spotify. (unsplash/Fimpli)

Hitekno.com - Aplikasi streaming musik Spotify umumkan perusahaan sudah mencapai kesepakatan dengan Kakao Entertainment Corp, yang membuat kontennya tersedia di platform Spotify di seluruh dunia, termasuk untuk yang pertama kalinya di Korea Selatan.

Berikut adalah pernyataan dari Spotify dan Kakao Entertainment.

“Kami senang karena konten dan artis Kakao Entertainment Corp. telah kembali di Spotify, memberikan kesempatan kepada lebih dari 345 juta pendengar di 170 negara untuk kembali mendengarkan lagu yang mereka sukai," ujar Juru Bicara Spotify melalui keterangan resmi diterima Suara.com, Sabtu (13/3/2021).

Ditambahkan, Spotify selalu memiliki misi untuk menghubungkan artis dengan penggemar mereka di seluruh dunia dan memberikan pendengar akses ke semua musik.

"Kami sangat senang bahwa para pendengar di Korea kini dapat ikut menikmati musik lokal mereka bersama lebih dari 70 juta lagu dan 4 miliar playlists kami," menurutnya.

Spotify berjanji tetap berkomitmen memberikan dampak positif pada ekosistem streaming musik Korea melalui kemitraannya dengan para penyanyi, label, dan pemegang hak lokal.

Cuitan penghapusan lagu K-Pop dari Spotify. [Twitter]
Cuitan penghapusan lagu K-Pop dari Spotify. [Twitter]

Pernyataan tersebut seiring dengan yanng disampaikan Juru Bicara Kakao Entertainment.

“Kakao Entertainment Corp (sebelumnya Kakao M) telah mencapai kesepakatan dengan Spotify dan akan menyediakan konten musiknya di Spotify untuk layanan di dalam dan luar Korea," ujarnya.

Melalui kemitraan yang beragam di seluruh dunia termasuk Spotify, Kakao Entertainment berharap para pencinta musik di seluruh dunia dapat dengan mudah mengakses artisnya dan konten musiknya untuk menikmati K-pop.

Seperti diketahui, Spotify telah menghapus ratusan lagu K-pop setelah berselisih dengan distributor musik Kakao M.

Perusahaan hiburan Korea Selatan memiliki beberapa penyanyi sangat populer di bukunya termasuk IU, Sistar, dan Epik High.

Hal ini membuat para fans turun ke Twitter untuk mengeluh tentang penghapusan lagu tersebut dan sempat menjadi trending topic di Indonesia.

Spotify mengatakan, kesepakatan lisensi yang ada telah berakhir tetapi berharap untuk mencapai kesepakatan baru dengan Kakao M.

Tetapi, Kakao M mengklaim, layanan streaming Spotify menolak memperpanjang lisensinya. (Suara.com/Dythia Novianty)

Terkait

Terkini