Internet

Teruntuk Programmer, Mengapa Anda Harus Memiliki Website Sendiri?

Kalau bicara website untuk programmer, tentu saja berbeda dengan kebutuhan website pengguna internet pada umumnya. Kenapa programmer wajib punya website?

Agung Pratnyawan

Website untuk programmer. (Niagahoster)
Website untuk programmer. (Niagahoster)

Hitekno.com - Sepuluh tahun lalu, profesi programmer mungkin belum sepopuler saat ini. Terima kasih kepada perkembangan internet, membuat programmer makin diburu terutama perusahaan-perusahaan besar. Programmer dianggap sebagai ujung tombak branding digital perusahaan. Namun ternyata, website untuk programmer juga merupakan hal yang penting, lho.

Sebagai profesi di bidang IT yang banyak diminati, perusahaan-perusahaan besar tak segan membayar programmer dengan gaji cukup tinggi. Karena memang tanggung jawab mereka sangatlah berat, terutama dalam merancang website untuk kelangsungan bisnis perusahaan. Namun sebagai seorang programmer, Anda jangan lupa yang namanya branding diri juga.

Alasan Programmer Wajib Punya Website

Dengan zaman yang serba internet seperti saat ini, branding diri bisa dilakukan secara jauh lebih efektif dan efisien secara online. Salah satunya adalah lewat website yang akan bisa diakses siapapun dan dimanapun, termasuk calon klien. Website yang berkualitas tentu akan membuat pengguna internet tertarik.

Bagi seorang programmer, website tentu lebih dari sekadar wadah eksistensi di dunia maya saja. Ada beberapa alasan yang membuat website untuk programmer itu sangatlah penting. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Makin Kredibel dan Profesional

Alasan pertama kenapa website untuk programmer sangatlah penting adalah supaya meningkatkan kredibilitas diri. Saat ini semua orang tentu menggunakan internet untuk mencari sesuatu. Ketika mereka membutuhkan solusi dan kemudian yang ditampilkan mesin pencari internet adalah website Anda, maka Anda akan dianggap profesional dan sangat kredibel.

Belum lagi kalau website itu dirancang dengan memamerkarn kemampuan diri sebagai programmer, bukan tak mungkin kalau klien langsung tertarik. Bisa saja Anda langsung digaet bergabung ke perusahaan si klien atau memperoleh tawaran orderan langsung hanya karena tampilan website yang profesional.

2. Promosi Efektif

Berkaitan dengan alasan pertama, adanya website juga menjadikan sarana promosi yang efektif. Karena bagaimanapun juga, lingkup kerja programmer di bidang IT jelas cukup sulit memamerkan portofolio karya. Namun lewat website, karya Anda bisa diakses pengguna internet kapanpun selama 24 jam penuh, dengan biaya promosi yang cuma domain dan hosting saja.

Namun tentu saja website untuk programmer wajib tampil berbeda dengan website pada umumnya. Salah satunya adalah lewat pemilih domain yang haruslah unik dan berbeda, agar memberikan kesan profesional. Jangan dianggap remeh, pemilihan domain justru tahapan paling awal saat membangun website karena memberikan dampak jangka panjang.

Website Profesional Punya Domain Unik

Bicara soal domain, tentu sangat penting dalam membangun website. Domain yang unik justru bisa membuat branding sebuah produk atau diri makin mudah dikenal masyarakat. Beruntung, saat ini ada banyak sekali layanan penjualan domain di Indonesia yang menawarkan harga kompetitif. Salah satu layanan jual domain yang bisa dipertimbangkan adalah Niagahoster.

Bersama Niagahoster, Anda bisa memilih domain sesuai keinginan dengan berbagai macam ekstensi domain mulai dari .com, .org, .id, .my.id, .net hingga .xyz. Tentu saja masing-masing domain punya harga yang berbeda-beda dengan masa pembaruan setiap tahun. Anda bisa melakukan pengecekan domain terlebih dulu apakah tersedia atau tidak sebelum membeli.

Dengan begitu, kini kebutuhan website untuk programmer bukanlah sesuatu yang sulit lagi. Karena Niagahoster paham bahwa domain yang menarik bisa memberikan dampak positif pada branding diri atau bisnis. Anda sebagai programmer bisa bebas memaksimalkan portofolio entah lewat desain atau konten yang dimuat di website, sehingga pengguna internet makin tertarik.

Berita Terkait