Internet
Minggu, 11 April 2021

Banyak Lagu K-Pop Hilang dari Spotify, Apa Hubungannya dengan Kakao M?

Saking ramainya, Spotify dan Kakao M masuk ke trending topik Twitter Indonesia.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Spotify. (Pixabay/ Photo Mix)
Ilustrasi Spotify. (Pixabay/ Photo Mix)

Hitekno.com - Spotify dan Kakao M sedang panas dibicarakan netizen di media sosial, hal ini terkait dengan keberadaan lagu K-pop di platform streaming musik tersebut.

Bahkan, saking ramainya pembicaraan membuat Spotify dan Kakao M masuk dalam daftar trending topik Twitter Indonesia pada Senin (1/3/2021).

Dari pantuan HiTekno.com, pembicaraan netizen terkait Spotify sampai tembus 2,21 juta cuitan. Sedangkan pembahasan mengenai distributor musik K-pop, Kakao M sampai 720 ribu cuitan.

Tak mengehrankan kalah Kakao M dan Spotify sampai masuk ke trending topik Twitter Indonesia.

Kenapa keramaian ini bisa sebesar itu? Menurut laporan Bandwagon, Spotify telah menghapus ribuan lagu yang didistribusikan oleh Kakao M.

Hal ini dikarenakan Spotify tidak lagi bekerja sama dengan Kakao M setelah perjanjian lisensi yang berlaku satu setengah tahun telah berakhir.

Beberapa lagu yang didistribusikan Kakao M termasuk lagu dari IU, MONSTA X, SEVENTEEN, LOONA, MAMAMOO, THE BOYZ, GFRIEND, (G) I-DLE, ASTRO, dan banyak lagi.

Ilustrasi Spotify. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi Spotify. (Pixabay/StockSnap)

 

Juru bicara Spotify telah mengkonfirmasi bahwa mulai 1 Maret 2021, katalog Kakao M tidak lagi tersedia untuk pendengar Spotify di seluruh dunia.

"Kami telah bekerja sama dengan Kakao M selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global sehingga musik artis mereka akan tetap tersedia untuk lebih dari 345 juta pendengar Spotify di hampir 170 pasar di seluruh dunia," jelas Spotify.

"Fakta bahwa kami belum mencapai kesepakatan tentang kesepakatan global baru sangat disayangkan untuk artis mereka, serta untuk penggemar dan pendengar di seluruh dunia," tambahnya.

Pihak Spotify sendiri berharap gangguan ini bersifat sementara. Mereka berkomitmen untuk kembali bekerja sama dengan Kakao M untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea secara keseluruhan.

Itulah kabar terkini dari hilangnya banyak lago K-Pop di Spotify, karena terhentinya kerja sama dengan Kakao M. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini