Internet
Sabtu, 24 April 2021

Diserang Netizen Indonesia, Akun IG Microsoft Tutup Kolom Komentar

Segitunyakah netizen Indonesia?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo Microsoft. (Microsoft)
Logo Microsoft. (Microsoft)

Hitekno.com - Netizen Indonesia sempat menyerbu akun media sosial milik Microsoft, bahkan sampai membuat perusahaan ini menutup kolom komentar beberapa postingan Instagram-nya.

Hal ini terjadi usai dirilisnya hasil survei tentang perilaku netizen di media sosial yang dilakukan dengan melibatkan responden dari berbagai negara.

Rupanya, dalam survei tersebut Microsoft menyebut bahwa netizen Indonesia meraih peringkat paling akhir dari segi kesopanan di Asia Tenggara.

Dalam arti lain, warganet di Indonesia disebut menjadi netizen paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Sontak, hal tersebut menghebohkan netizen Indonesia hingga menjadi trending topic di Twitter

Hingga akhirnya akun IG milik perusahaan asal Amerika Serikat ini sempat diserang netizen Indonesia.

Warganet Indonesia serang akun Instagram Microsoft. (Twitter/@miarimiari )
Netizen Indonesia serang akun Instagram Microsoft. (Twitter/@miarimiari )

 

Di lain sisi, akun Twitter @miarimiari mgenabarkan bahwa akun Instagram milik Microsoft juga turut diserang oleh Netizen Indonesia.

"Microsoft ngasih gelar netizen Indonesia paling nggak sopan se-Asia Tenggara. Instagram Microsoft diserang netizen Indonesia. Kesimpulannya Microsoft langsung terbukti. Keren," cuitnya, dikutip Suara.com.

Dalam cuitan tersebut, netizen pun membagikan bukti tangkapan layar beberapa komentar yang ada di akun Instagram Microsoft.

Bahkan, ada netizen  yang menantang Microsoft untuk diboikot. Namun, saat ini akun Instagram Microsoft telah menonaktifkan kolom komentarnya.

Akun IG Microsoft hapus kolom komentar. (Instagram)
Akun IG Microsoft tutup kolom komentar. (Instagram)

 

Tanggapan Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun ikut buka suara menanggapi hasil survei dari Microsoft.

Menurut Ridwan Kamil, netizen Indonesia memang memiliki sikap yang bar-bar di media sosial. Akan tetapi apabila bertemu secara tatap muka, Ridwan Kamil menyebut mereka tetap sopan.

"Banyak membuli dan galak di medsos. Pas ketemu seolah paling sopan dan santun. Atau pas ditangkap karena nyebar hoaks menangis dan minta maaf tersedu-sedu. Apalagi kalo membaca kualitas komen-komen di berita-berita online. Level kasarnya luar biasa," ujarnya dalam akun Instagram @ridwankamil.

Dirinya pun mengajak agar netizen Indonesia untuk berlaku sopan, baik saat bertatap muka atau secara virtual.

"Mari santun dalam interaksi tatap muka, santun pula dalam interaksi virtual," pungkasnya.

Itulah keramaian hasi survei Microsoft yang berujung serangan netizen Indonesia ke akun media sosial-nya. (BeritaHits.id/ Nur Afitria Cika Handayani).

Terkait

Terkini