Internet
Senin, 19 April 2021

Hingga Oktober 2020, Riset Google Beberkan Kata Kunci Paling Banyak Dicari

Google telah merilis laporan Year in Search 2020 Indonesia.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Logo Google. (Instagram/@google)
Logo Google. (Instagram/@google)

Hitekno.com - Laporan Year in Search 2020 Indonesia dari Google baru saja dirilis untuk mengamati perilaku masyarakat di laman pencariannya. Selama pandemi banyak masyarakat yang terbantu aktivitasnya denga bantuan teknologi. 

"Laporan ini memberikan insight mengenai tren yang tidak kami lihat dua tahun lalu ketika mulai menerbitkan laporan Year in Search untuk Brand,” ucap Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing di Google Indonesia.

Laporan yang dilakukan selama periode November 2019 hingga Oktober 2020 ini, memperlihatkan salah satu aktivitas penting yang beralih ke online adalah pembelajaran. Tercatat, kata kunci "elearning" meningkat hingga 180 persen.

Menurut Muriel, para orang tua ini juga berupaya memfasilitasi anak-anak mereka dengan teknologi agar pembelajaran dapat dilakukan secara virtual di rumah.

Hasil pencarian Google. [Google Indonesia]
Hasil pencarian Google. [Google Indonesia]

Alhasil, kata kunci "laptop untuk sekolah" meroket hingga 315 persen. Tak hanya laptop, pencarian kata "handphone anak" turut naik hingga 140 persen.

Selain kebutuhan belajar, warganet Indonesia juga mengandalkan teknologi untuk membangun gaya hidup aktif dan menjaga kebugaran selama di rumah.

Kata kunci "smart scale" pun meningkat hingga 225 persen. Sementara "treadmil" dan "sepeda statis" naik dengan persentase masing-masing 75 persen dan 30 persen dari tahun lalu.

Meskipun pencarian online tinggi, masyarakat Indonesia kelihatannya masih tertarik dengan pembelian secara tatap muka. Hal ini tercermin dalam kata kunci "toko sparepart elektronik terdekat" meningkat hingga 300 persen dan "toko elektronik terdekat" yang naik 30 persen.

Itulah tadi kata kunci di Year in Search 2020 Indonesia dari Google, apakah kamu juga mencari hal yang sama? (Suara.com/Dicky Prastya)

Terkait

Terkini