Internet
Minggu, 28 Februari 2021

Baru Sadar Ada Keanehan Pada Transkrip Nilai, Netizen Malah Soroti Ini

Bukan hanya pada kesalahannya, netizen juga soroti ini.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi wisuda. (Pixabay)
Ilustrasi wisuda. (Pixabay)

Hitekno.com - Sebuah postingan transkrip nilai mencuri perhatian netizen hingga viral di media sosial. Pasalnya pengunggahnya baru sadar ada kesalahan fatal pada dokumen tersebut yang membuatnya terkaget.

Dipostingkan Firman Nara melalui akun Twitter @firmannara pada Februari 2021, menampilkan potret transkrip nilai dari sebuah perguruan tinggi ternama. Namun jika diperhatikan lebih detail lagi ada kesalahan fatal di sana.

"Kalo ga ikhlas lulusin gw, bilang dong," tulis @firmannara dalam cuitannya.

Yakni terlihat kalau logo perguruan tinggi yang terletak pada bagian kiri atas ini terbalik posisinya. Sayangnya temuan ini baru ia sadari beberapa waktu setelah dokumen penting ini dikeluarkan.

"Baru sadar gajahnya salto di transkrip," tulisnya dalam postingan foto tersebut.

Ia pun menceritakan lebih lanjut mengenai kesalahan yang ditemukannya dari transkrip nilai ini. Yakni bagaimana ia mendapatkan kiriman dokumen terbaru yang sudah diperbarui setelah postingan ini viral di media sosial.

Pengunggah potret ini pun mendapatkan bantuan dari salah satu dosen untuk memperbaiki kelasahan logo yang terbail dari dokumen tersebut.

Kesalahan fatal pada Transkrip Nilai. (Twitter/ firmannara)
Kesalahan fatal pada Transkrip Nilai. (Twitter/ firmannara)

 

Setelah postingan kesalahan dalam transkrip nilai ini viral di media sosial, netizen pun ramai memberikan sorotan. Namun bukan hanya pada terbailnya logo perguruan tinggi pada dokumen tersebut.

Tak sedikit netizen yang menyoroti soal data pribadi yang dipostingkannya. Menurut balasan dalam cuitan tersebut, sebaiknya ia tidak secara gamblang mengunggah dokumen tersebut di media sosial.

Meski bukan nilai secara detail, namun dalam postingan potret dokumen tersebut termuat nama lengkapnya, beserta sejumlah data pribadi. Baik tempat tanggal lahir, hingga beberapa informasi penting lainnya.

"Kalau berbagi apa pun di media sosial, pastikan untuk berhati-hati jika ada data pribadi (PII) di dalamnya ya," pesan netizen.

"Sampe saat ini belum diapus, ngeri kalo ada yg nyalah gunain. secara data pribadinya lengkap tu wkwkwkwkwk," tulis lainnya.

"Mas, mbok jangan share data pribadi. Mending screenshot win Apex aja," komentar netizen.

Kesalahan fatal pada Transkrip Nilai. (Twitter/ firmannara)
Kesalahan fatal pada Transkrip Nilai. (Twitter/ firmannara)

 

Netizen lain pun malah menyoroti program studi dari si pengunggah transkrip nilai ini. Yakni jurusan yang memang tidak banyak dibuka oleh kebanyakan perguruan tinggi di Indonesia saat ini.

"salpok sama jurusannya, keren bgt," tulis netizen.

"Wah aku baru tau kalo oseanografi gelarnya S.Si. Kenapa aku mikir cuma fisika kimia biologi doang," komentar lainnya.

Itulah postingan viral di media sosial, bagaimana kesalahan fatal pada sebuah transkrip nilai. Namun netizen malah menyoroti bagaimana pengunggah kenapa mengumbar data pribadi yang bisa disalahgunakan orang.

Terkait

Terkini