alexametrics
Internet
Rabu, 12 Mei 2021

Bikin Thread Viral Jualan Kue Ibunya di Twitter, Netizen Cium Kejanggalan

Netizen berhasil menemukan kejanggalan dalam thread viral tersebut.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi roti. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi roti. (Pixabay/Pexels)

Hitekno.com - Belum lama ini salah satu pengguna Twitter membuat thread viral yang menjual rasa iba. Wanita tersebut awalnya bercerita bahwa dagangan kue ibunya telah ditipu oleh orang tak bertanggung jawab.

Ia melakukan aksi yang diduga penipuan itu melalui akun Twitter @grumpysfd. Awalnya ia membuat cuitan dengan diawali 'Twitter Please Do Your Magic' yang berarti Twitter tunjukkan keajaibanmu.

Pada utas tersebut, wanita ini bercerita bahwa sang ibu rugi besar. Seseorang telah memesan banyak kue namun dibatalkan secara sepihak dan mendadak.

Ia juga menyebutkan, nomor ibunya diblokir. Wanita ini mengaku tak tahu bagaimana membantu ibunya mengatasi kerugian besar tersebut selain melalui Twitter.

Wanita ini jual cerita sedih diduga untuk menipu (Twitter @millaaoktaviaa)
Wanita ini jual cerita sedih diduga untuk menipu (Twitter @millaaoktaviaa)

Ia menyertakan berbagai foto kue dan jajanan pasar pada utas tersebut. Selain itu, di cuitan selanjutnya, ia juga menyertakan foto beberapa orang ya ia sebut menerima kue-kue buatan ibunya.

Utas ini jadi sangat ramai. Belum sampai 24 jam, unggahan tersebut sudah mendapat lebih dari 30 ribu likes.

Awalnya, banyak yang merasa iba dengan cerita gadis ini. Warganet ramai-ramai memberi dukungan, bahkan mengirim sejumlah uang untuk diberikan pada wanita itu.

Namun, setelah beberapa jam berlalu, warganet lainnya mencium ada kejanggalan pada utas yang dibuat oleh wanita ini. Pasalnya, setelah ditelusuri, foto yang diunggah ternyata merupakan milik orang lain yang berjualan secara daring di Facebook.

Wanita ini jual cerita sedih diduga untuk menipu (Twitter @millaaoktaviaa)
Wanita ini jual cerita sedih diduga untuk menipu (Twitter @millaaoktaviaa)

Seorang warganet telah menghubungi pemilik foto kue yang sebenarnya melalui pesan Facebook. Foto tersebut diambil oleh wanita pembuat utas tanpa izin.

Selain itu, foto orang yang ia sebut telah dibagikan ke orang yang membutuhkan ternyata juga diambil dari Google. Foto itu merupakan milik Shelter Dapur Umum yang diunggah akun Twitter @IanSPCC.

Tak berhenti sampai di situ saja. Warganet yang lihai mencari informasi bak FBI bahkan menemukan identitas asli dari wanita tersebut.

Kurang dari satu hari setelah kehebohan, nama asli, alamat, universitas, foto diri, dan identitas lainnya berhasil diungkapkan oleh warganet.

Wanita ini jual cerita sedih diduga untuk menipu (Twitter @caramelppang)
Wanita ini jual cerita sedih diduga untuk menipu (Twitter @caramelppang)

Akun Twitter @millaoktaviaa pun membuat utas lengkap mengenai identitas wanita yang diduga menipu khalayak dengan cerita sedih.

Tujuan diungkapkannya identitas wanita tersebut adalah memberikan efek jera dan agar kejadian serupa tak terulang kembali. Utas tentang identitas lengkap wanita itupun membuat banyak warganet lainnya takjub.

"Kejelian mata warganet memang patut diacungi jempol," komentar seorang warganet.

Warganet lainnya pun turut berkomentar. "Netizen nih emang skill-nya ngalahin FBI," ujar warganet ini.

Unggahan penemuan netizen yang merasa curiga oleh thread viral tersebut sangat tak diduga dan mendapatkan banyak respon. (Suara.com/Hiromi Kyuna)

Terkait

Terkini