Internet
Minggu, 28 Februari 2021

Kalahkan Facebook, YouTube Kuasai Media Sosial di Indonesia

YouTube sukses mendapatkan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia, dibanding Facebook dan Instagram.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi YouTube. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)
Ilustrasi YouTube. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Hitekno.com - Media sosial apa yang paling banyak digunakan dan mendominasi masyarakat di Indonesia? Ternyata dari hasil riset terbaru menempatkan YouTube sebagai peringkat pertama di Tanah Air.

Popularitas YouTube yang makin menanjak, menarik perhatian makin banyak masyarakat di Indonesia bahkan sampai mendapatkan ratusan juta pengguna.

Hasil riset terbaru, YouTube berhasil menjaring 170 juta pengguna atau 93,8 persen dari total keseluruhan populasi 181,9 juta pengguna internet berusia 16-64 tahun.

Berdasarkan riset yang dilakukan Hootsuite dan We Are Social per Januari 2021, Senin (15/2/2021), pengguna internet berusia 16-24 tahun paling banyak menghabiskan waktunya menonton video online di perangkat mereka.

Tercatat, 98,5 persen dari 181,9 juta populasi memilih beraktivitas di internet dengan menonton video online atau streaming. Artinya, 179,1 juta orang di Indonesia telah memanfaatkan internet untuk menonton video online.

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

 

Selain itu, 74,3 persen dari total populasi atau 135,1 juta orang telah menghabiskan waktunya di internet untuk menonton vlog atau video blog. Sementara layanan streaming lain seperti musik telah menjangkau 84 persen pengguna atau 152 juta masyarakat Indonesia.

Di bawah YouTube, pengguna Indonesia juga banyak menggunakan media sosial buatan Facebook seperti WhatsApp, Instagram, hingga Facebook itu sendiri.

Posisi dua ditempati oleh WhatsApp dengan persentase 87,7 persen atau 159,5 juta orang. Kemudian di bawahnya ada Instagram dengan jumlah pengguna mencapai 86,6 persen atau 157,5 juta orang.

Lalu di belakangnya ada Facebook dengan persentase 85,5 persen atau 155,5 juta orang. Sementara posisi lima ditempati media sosial Twitter dengan raihan 63,6 persen atau 115,6 juta pengguna.

Itulah hasil riset terbaru yang mendapati YouTube sebagai media sosial terbanyak pengguna di Indonesia, bahkan mengalahkan Facebook dan Instagram. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini