Internet
Rabu, 03 Maret 2021

Foto Jadul Orang 1950-an Kerubungi Poster Film, Momen Ini Jadi Sorotan

Wah, ternyata orang-orang tempo dulun juga suka film ya?

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Foto jadul mengenai poster film 1956. (UWM Libraries)
Foto jadul mengenai poster film 1956. (UWM Libraries)

Hitekno.com - Tak hanya pada masa modern, rupanya film juga digemari oleh orang-orang tempo dulu. Sebuah foto jadul yang menampakkan orang-orang menatap poster film di era 1950-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawas membagikan postingan mengenai sebuah momen era jadul. Terlihat beberapa orang cukup antusias dalam memandangi poster film yang ada di depan mereka (postingan di link ini).

Akun fanspage tersebut sebenarnya membagikan ulang sebuah foto jadul yang tersimpan di arsip online University of Wisconsin–Milwaukee Libraries, atau dikenal sebagai UWM Libraries.

Foto yang diunggah merupakan jepretan dari jurnalis bernama Harrison Forman, asal Amerika Serikat. Dalam keterangan di UWM Libraries, terungkap bahwa momen itu direkam pada tahun 1952.

"Orang-orang di Pulau Sumbawa melihat sebuah iklan film. Film 'Carbine Williams' dirilis pada tahun 1952 dan dibintangi oleh James Stewart," tulis keterangan di UWM Libraries.

Foto jadul mengenai poster film 1956. (UWM Libraries via Instagram @potolawas)
Foto jadul mengenai poster film 1956. (UWM Libraries via Instagram @potolawas)

 

Dikutip dari Wikipedia James Stewart merupakan seorang aktor film dan juga pernah menjadi tentara Amerika Serikat.

Ia dikenal dengan logat khususnya di mana James Stewart atau Jimny Stewart telah membintangi 80 film dari 1935 hingga 1991. Stewart berpengalaman di Angkatan Darat atau Army (1941 -1947) dan Air Force (1947 -1968) Amerika Serikat serta pensiun dengan pangkat Mayor Jenderal.

Ia pernah mencicipi Perang Dunia 2 dan Perang Vietnam sehingga popularitasnya melejit ketika membintangi film. Pada 1999, American Film Institute (AFI) menempatkannya di peringkat ketiga dalam daftar aktor pria Amerika terhebat. Foto jadul 1956 ini memperlihatkan beberapa orang mengelilingi poster film dengan aktor James Stewart.

Foto jadul mengenai poster film 1956. (UWM Libraries)
Foto jadul mengenai poster film 1956. (UWM Libraries)

 

Seorang pemuda berpeci nampak cukup serius memperhatikan beberapa gambar di depannya. Dengan salah satu tangan petentengan, nampak jari menempel pada gambar ketika memperhatikan poster film secara serius.

Deretan bocah serta pria juga ikut menatap poster film tersebut. Cukup unik, poster film justru ditempatkan pada kendaraan tradisional yang ditarik dengan kuda. Foto jadul 1956 ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"James Stewart, aktor hebat peraih Oscar, terlibat dalam Perang Dunia 2, penerbang USAF, pensiun dengan pangkat Major General," tulis @fokkyf.

Foto jadul mengenai poster film 1956. (UWM Libraries)
Foto jadul mengenai poster film 1956. (UWM Libraries)

 

"Pasti yang nonton poster itu matanya tertuju pada gambar yang lagi ciuman..wkwkw," balas @azizah.izzatul.

"Zaman belum ada link haram, film 4 tahun masih diiklankan," kata @myhobbypages.

"Tahun 80-an masih ada nih yang mirip kayak gini, becak keliling kampung sambil bawa poster film + TOA dengan woro-woro, terus bagi-bagi flyer dan anak-anak kecil rebutan buat minta," kenang @ardixz.

Itulah tadi foto jadul orang-orang 1950-an mengerubungi poster film yang dibintangi James Stewart, bagaimana pendapat kalian?

Terkait

Terkini