alexametrics
Internet
Senin, 17 Mei 2021

Heboh! Perdebatan Netizen Soroti Aksi Galang Dana Demi Bayar Kuliah

Diejek di Instagram, malah dibela netizen Twitter.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi uang. (Pixabay)
Ilustrasi uang. (Pixabay)

Hitekno.com - Persoalan ekonomi sering juga dialami sejumlah mahasiswa yang kekurangan uang untuk bayar kuliah atau UKT hingga menuntut mereka melakukan berbagai cara.

Seperti yang ramai jadi sorotan, mahasiswa yang menggelar aksi galang dana demi bayar kuliah. Namun sayangnya, aksi ini malah menuai pro dan kontra netizen di media sosial.

Dilaporkan kalau aksi galang dana demi bayar UKT yang menuai pro dan kontra ini dilakukan sejumlah mahasiswa di Malang.

Aksi ini bahkan menuai perdebatan netizen usai salah seorang pengguna Instagram yang disebut-sebut sebagai salah seorang selebriti kampus menuliskan kritiknya.

Dibagikan oleh akun base di Twiter @AREAJULID, netizen pun berbondong-bondong menuliskan pendapat mereka terhadap aksi galang dana tersebut.

Salah seorang netizen mengirim tangkapan layar Instagram story selebriti kampus yang mengkritik aksi tersebut.

Pengguna Instagram tersebut menyayangkan aksi sejumlah mahasiswa yang menggelar galang dana demi membayar uang kuliah di jalan.

Ia menyoroti bahwa aksi itu sampai dibubarkan Satpol PP Kota Malang.

"Kota Malang diberantas dari pengemis, ah ini yang udah bisa menikmati bangku kuliah malah berlagak pengemis. Kerjoo!!!" tulis pengguna Instagram tersebut.

Aksi galang dana mahasiswa di Malang demi bayar UKT tuai perdebatan. [Twitter/@AREAJULID]
Aksi galang dana mahasiswa di Malang demi bayar UKT tuai perdebatan. [Twitter/@AREAJULID]

 

Viralnya kritik tersebut membuat si pengguna Instagram tersebut langsung memberikan klarifikasinya. Ia mengaku kecewa dengan yang dilakukan sejumlah mahasiswa tersebut lantaran menimbulkan persepsi negatif tentang kampusnya.

Ia menilai menggalang dana demi bayar kuliah atau UKT tidak menyelesaikan masalah. Lebih baik para mahasiswa tersebut menjual karya atau berwirausaha.

Menanggapi pendapat si pengguna Instagram tersebut, sejumlah warga Twitter pun turut berdebat. Pro dan kontra pun ramai di kolom komentar .

"Sebenarnya ya dilihat-lihat dulu. Alasan kenapa ada mahasiswa yang sampai galang dana begitu sih. Karena yo pie rek kita enggak tahu sebab musabab e. Saiki cari kerja yo enggak segampang itu. Buka endorse? Kan bukan selebgram kayak si mas itu. Intinya jangan sampai menjatuhkan begitu lah. Jangan tiba-tiba enggak tahu apa-apa langsung ngecap anak orang pengemis," tulis @riri****** berpendapat.

Ada pula netizen yang menyetujui pendapat si pengguna Instagram yang disebut-sebut adalah seleb kampus tersebut.

"Ada benarnya pemikiran masnya. Aku juga setuju. Tapi ya lagi-lagi kita enggak tahu ada latar belakang apa sampai galang dana kayak begitu kan? Apa lagi kalau masalah ekonomi kayak begini, kita enggak bisa tahu kalau belum ngalamin sendiri. Tapi masnya juga enggak salah banget, kasarnya dia nyarain," cuit @ngak***.

Selain itu, ada pula netizen yang justru menyoroti sikap kampus sampai membuat mahasiswa turun ke jalan menggalang dana.

"Sekitanya siapa yang mau dana ke mereka? Aku pikir kegiatan itu bentuk sarkasme akibat tidak ada prosedur penurunan UKT enggak sih? Kalau dilihat sisi lainnya begitu kok. Kalau di Kampusku begitu BEM-nya ngajal ramai-ramai buat nunda bayar UKT," sahut @khaa******.

Itulah ramainya perdebatan netizen pada aksi galang dana mahasiswa untuk bayar kuliah. Bagaimana menurut Anda? (SuaraJatim.id/ Farah Nabilla).

Terkait

Terkini