Internet
Sabtu, 27 Februari 2021

Waduh! Nomor Telepon Pengguna Facebook Dijual Lewat Bot Telegram

Bot Telegram tersebut mengklaim memiliki informasi 533 juta pengguna.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Tumisu)
Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Tumisu)

Hitekno.com - Pengguna Facebook perlu berhati-hati dengan nomor yang digunakan, pasalnya seseorang telah mendapatkan database yang penuh dengan nomor telepon pengguna.

Dilaporkan dari Motherboard, data nomor telepon pengguna Facebook tersebut diketahui dijual menggunakan bot Telegram.

Peneliti keamanan yang menemukan kerentanan ini, Alon Gal mengatakan bahwa orang yang menjalankan menjalankan bot tersebut mengklaim memiliki informasi 533 juta pengguna.

Dengan banyak database, sejumlah keterampilan teknis diperlukan untuk menemukan data yang berguna sering kali harus ada interaksi antara orang yang memiliki database dan orang yang mencoba mendapatkan informasi darinya.

Ilustrasi Facebook. (Unsplash/ Joshua Hoehne)
Ilustrasi Facebook. (Unsplash/ Joshua Hoehne)

 

Pasalnya ''pemilik'' database tidak akan hanya memberikan semua data berharga itu kepada orang lain, namun membuat bot Telegram memecahkan kedua masalah ini.

Dilansir dari laman The Verge, bot memungkinkan seseorang melakukan dua hal jika memiliki ID Pengguna Facebook seseorang dan nomor telepon orang tersebut.

Bot telah berjalan setidaknya sejak 12 Januari 2021, menurut tangkapan laar yang diposting oleh Gal, tetapi data yang diberikan aksesnya berasal dari 2019.

Saat ini tidak diketahui apakah Motherboard atau peneliti keamanan telah menghubungi Telegram untuk mencoba menghapus bot tersebut.

Kebocoran nomor pengguna Facebook ini merupakan hal yang memalukan bagi Facebook karena secara historis mengumpulkan nomor telepon dari orang-orang termasuk pengguna yang sudah mengaktifkan otentikasi dua faktor.

Terkait

Terkini