Internet
Kamis, 04 Maret 2021

Duh, Wanita Ini Dipecat Cuma Gegara Sebut Kimchi dari Korea

Memang dari mana asalnya Kimchi?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Kimchi. (Pixabay)
Ilustrasi Kimchi. (Pixabay)

Hitekno.com - Hamzy, seorang wanita yang berprofesi sebagai Youtuber dipecat agensinya yang berasal dari China gegara ia menyebut kimchi adalah makanan yang berasal dari Korea.

Wanita asal Korea Selatan ini mengucapkan perkataan tersebut pada sebuah video mukbang yang dilakukannya.

Hamzy mengaku agensi yang menaunginya memutus kontrak lantaran ia diserbu komentar negatif usai mengatakan olahan kimchi dan ssam sebagai makanan khas Korea, alih-alih China. 

Pernyataannya itu, berawal dari dirinya yang menyukai sebuah komentar netizen soal China yang mengklaim makanan Ssam.

Pada 15 Januari, Hamzy mengunggah sebuah video mukbang bibimbab dengan gurita pedas, kimchi dan telur. Rupanya video ini memancing perdebatan sengit netizen Korea dan juga China.

Melansir dari AllKpop, YouTuber dengan lebih dari 5 juta subscriber ini menekan tombol 'like' pada komentar salah satu netizen. 'Like' inilah yang rupanya memicu perdebatan sengit antar netizen.

Komentar yang mendapat 'like' dari Hamzy berbunyi, "Benar-benar mengecewakan karena akhir-akhir ini China mengatakan bahwa Ssam adalah milik mereka juga."

YouTuber Hamzy dipecat karena menyebut kimchi dan ssam berasal dari Korea (YouTube  []Hamzy)
YouTuber Hamzy dipecat karena menyebut kimchi dan ssam berasal dari Korea (YouTube/ Hamzy)

 

Ssam memiliki arti membungkus yang mengacu pada daging yang dibungkus dengan sayuran. Ssam juga biasa dimakan bersama dengan kimchi yang merupakan sayuran yang telah difermentasi.

Kontroversi memuncak saat komentar tersebut salah diterjemahkan menjadi fitnah. Sejumlah netizenmempermasalahkan Hamzy di jejaring sosial Weibo dan menyebut wanita itu menghina orang-orang China.

Komentar jahat pun kemudian memenuhi video yang diunggah Hamzy. Agensi yang menangani promosi Hamzy di China meminta maaf dan memutus kontrak dengan Hamzy pada Minggu (17/1/2021).

Meski demikian, komentar jahat tetap bermunculan. Akhirnya, pada kanal YouTube-nya wanita ini menyampaikan permintaan maaf.

"Alasan mengapa orang China merasa dikhianati dan marah kepada saya adalah kesalahpahaman. Saya rasa benar bahwa saya harus meminta maaf," ungkap Hamzy.

Permohonan maaf Hamzy ((YouTube  []Hamzy))
Permohonan maaf Hamzy ((YouTube/Hamzy))

 

Meski demikian, Hamzy juga menyatakan pendapatnya tentang kimchi dan ssam merupakan makanan Korea tidak akan berubah.

Ia juga menegaskan tak ingin berpromosi di China bila harus mengatakan kimchi berasal dari negara itu. "Jika saya harus mengatakan bahwa Kimchi adalah makanan Chinayang secara aktif dipromosikan di China, maka saya memilih untuk tidak berpromosi sama sekali di China" ujarnya.

Hamzy juga berharap netizen China dapat memahami kesalahpahaman dan keputusan dari dirinya.

Itulah kisah Hamzy, Youtuber asal Korea Selatan yang dipecat agensinya gegara menyebut kimchi berasal dari Korea. (SuaraJabar.id/ Hiromi Kyuna).

Terkait

Terkini