Internet
Sabtu, 27 Februari 2021

Ustaz Tengku Zul Ajak Instal Aplikasi BIP, Apa Itu?

Apa itu BIP?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ustaz Tengku Zul gunakan aplikasi BIP. (Twitter/ ustadtengkuzul)
Ustaz Tengku Zul gunakan aplikasi BIP. (Twitter/ ustadtengkuzul)

Hitekno.com - Ustaz Tengku Zulkarnain atau juga dikenal dengan Tengku Zul belum lama ini menyerukan untuk menginstal aplikasi BIP. Sebenarnya apa itu BIP kenapa sampai dipromosikan Ustaz Tengku Zul ini?

Melalui akun Twittr @ustadtengkuzul, ia menyampaikan kalau dirinya sudah instal aplikasi BIP ini. Ia juga berencana untuk meninggalkan FB jika sudah menemukan penggantinya.

"Alhamdulillah saya sudah install BIP... Anda juga kan...? Kalau nanti ada model FB yg baru saya akan tinggalkan FB. Bagaimana dgn anda...?" tulis Ustaz Tengku Zul di Twitter, Senin (18/1/2021).

Namun sebenarnya apa itu BIP yang disarankan Ustaz Tengku Zulkarnain ini? Yakni sebuah aplikasi komunikasi, baik itu chatting, video call, dan beberapa layanan lainnya.

Aplikasi BIP ini menawarkan fitur keamanan yang menjanjikan enkripsi bagi penggunanya. Sehingga dianggap memiliki keamanan lebih untuk menjaga kerahasian dari komunikasi pengguna.

Ustaz Tengku Zul pakai aplikasi BIP. (Twitter/ ustadtengkuzul)
Ustaz Tengku Zul pakai aplikasi BIP. (Twitter/ ustadtengkuzul)

 

Sebagai informasi, semenjak WhatsApp mengumumkan perubahan kebijakan privasi dan ketentuan layanan, banyak pengguna yang protes hingga mencari aplikasi lain sebagai alternatifnya.

Dalam kebijakan privasi baru tersebut, mengizinkan Facebook sebagai induk perusahaan untuk mengakses data pengguna WhatsApp. Karena itu muncul kekhawatiran akan keamanan data mereka.

Terlebih Facebook kerap jadi sorotan soal keamanan terutama pada data pengguna. Tak jarang digunakan digunakan demi kepentingan iklan, hingga pihak ketiga untuk mengaksesnya.

Selanjutnya banyak yang mencari aplikasi chat alternatif WhatsApp, untuk mencari layanan yang dianggap lebih aman. Seperti Telegram dan Signal yang mengalami jumlah download.

Diduga Ustaz Tengku Zulkarnain telah memilih aplikasi BIP sebagai pengganti WhatsApp. Seperti dalam cuitannya tersebut, ia juga berkeinginan untuk mengganti Facebook jika menemukan alternatifnya.

Aplikasi BIP. (Google Play Store)
Aplikasi BIP. (Google Play Store)

 

Aplikasi BIP sendiri telah didawapatkan oleh pengguna Android maupun iOS. Aplikasi chat ini sudah tersedia Google Play Store, Apple App Store, hingga Huawei App Gallery.

BIP adalah aplikasi chat asal Turki yang dikembangkan oleh Turkcell. Usai kontroversi kebijakan privasi WhatsApp, pengguna aplikasi BIP ini tiba-tiba melejit tinggi.

Di wartakan Arynews.tv, jumlah pengguna mengalami peningkatan 2 juta dalam waktu dua hari saja. Seiring dengan seruan banyak pengguna di Turki untuk meninggalkan WhatsApp berpindah di BIP.

Apakah kamu akan ikutan menggunakan aplikasi BIP seperti Ustaz Tengku Zul, atau memilih aplikasi chat lain? Atau malah lebih memilih tetap menggunakan WhatsApp?

Terkait

Terkini