Minggu, 17 Januari 2021

Begini Suasana Kursi Pesawat Kosong Tanpa Penumpang, Boleh Terbang?

Ternyata ada alasan khusus kenapa pesawat tersebut terbang dengan kondisi tanpa penumpang.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi pesawat terbang. (Unsplash/ Douglas O)
Ilustrasi pesawat terbang. (Unsplash/ Douglas O)

Hitekno.com - Seorang pramugara membagikan suasana ketika menaiki pesawat kosong tanpa penumpang yang belum lama ini jadi sorotan netizen hingga viral di media sosial.

Banyak netizen yang menyoroti bagaimana suasana kursi pesawat kosong tanpa penumpang seperti dalam video tersebut.

Dalam pesawat itu, tak nampak ada satupun penumpang yang duduk di kursi pesawat, melainkan hanya para kru.

Ternyata sepinya penumpang pesawat yang akan terbang itu, ada alasan tersendiri di baliknya.

Curhatan seorang pramugara yang terbang tanpa penumpang umum viral di media sosial usai dibagikan oleh Kreator TikTok @hizkyamarchel pada Minggu (10/1/2021).

Hizkya memperlihatkan suasana pesawat yang tidak diisi oleh satu pun penumpang. Di sana hanya tampak sejumlah kru pesawat seperti para teknisi dan pramugari.

Dalam video viral di media sosial ini, pramugara tersebut mengatakan, penerbangannya saat itu hanya diikuti oleh 7 kru pesawat, tanpa penumpang umum.

"Terbang tapi tidak ada penumpang? Kertasnya kosong (0), adult 0, child 0, infant 0," ujarnya sembari memperlihatkan sebuah kertas.

Viral Cerita Pramugara Terbang Tanpa Penumpang Umum (TikTok).
Viral Cerita Pramugara Terbang Tanpa Penumpang Umum (TikTok).

 

"Iya jadi aku Ferry Flight dari Denpasar-Balikpapan. Isinya kru doang ber-7. Di atas sepi banget kursi paxnya kosong semua," sambungnya.

Ternyata, Hizkya saat itu sedang bekerja untuk penerbangan ferry flight yang memang bersifat izin khusus dan non-commercial.

Penerbangan ferry flight sendiri berarti tidak boleh membawa penumpang-penumpang umum yang membayar dan kargo titipan berbayar.

Adapun yang diperbolehkan ikut dalam penerbangan ferry flight adalah aircrew, terdiri dari cockpit crew, cabin crew, dan tim teknisi.

Video unggahan Hizkya menyita perhatian netizen yang beberapa tidak tahu soal ferry flight. Beberapa dari mereka mengira, pesawat itu kosong karena penumpang dilanda trauma.

Meski begitu, tidak sedikit pula netizen yang sudah mengerti soal konsep ferry flight sehingga mereka membantu menjelaskan.

"Jadi ini ferry flight ya teman-teman. Ada alasan tertentu seperti operasional atau alasan teknis melakukan ini. Bukan karena penumpangnya pada takut," terang Sandalwood.

"Ferry flight penerbangan dengan izin khusus dan non-commercial, dan tidak boleh membawa penumpang-penumpang," balas Kata kata mutiara.

"Semoga semuanya dalam lindungan yang Maha Kuasa ya pramugara/i dan capt serta crew yang lain. Sehat selalu," timpal Ojack Anambas.

"Kalau di bus pariwisata namanya Empty Run," sahut Busmelodytransport.

Kekinian, video viral di media sosial itu telah jutaan kali disaksikan. Lihat videonya DI SINI.

Ucapan Bermakna Bagi Pramugari

Berikut enam ucapan yang berarti untuk mereka yang hendak melakukan perjalanan udara dengan pesawat. 

Have a Safe Flight

Ucapan yang berarti banget buat pramugari yang pertama adalah 'have a safe flight'. Ada doa tersirat di dalam kalimat ini, sebuah harapan untuk menikmati penerbangan dari take off sampai landing.

Take care

Kepedulian seseorang bisa tercermin dari ucapan 'take care' ini. Sepintas mungkin terdengar cheesy, tapi percayalah, it means a lot!

I love you

Mengingatkan setiap pramugari dan banyak orang yang berpergian menggunakan pesawat bahwa ada hati yang harus dijaga, ada keluarga yang selalu menanti di rumah, dan membuat pramugari dan kru kabin merasa tak pernah sendiri di atas sana.

Doain ya

Kecemasan sedikit demi sedikit akan hilang selaras dengan alunan doa yang dipanjatkan orang tersayang. Orang tua, kekasih, suami/istri, anak, dan teman adalah daftar orang-orang yang doanya akan selalu pramugari dan kru kabin harapkan.

Sampai jumpa lagi

Kangen, baper, sekaligus perasaan takut tak bisa menepati janji ini sudah barang tentu berkecamuk di dada. Tapi hal itulah yang menguatkan pramugari, pilot dan kru kabin  untuk selalu ingat dengan Sang Pencipta.

Tunggu aku ya, sayang

Menunggu mungkin bagi beberapa orang menjadi hal yang membosankan. Tapi akan lebih sedih jika seseorang yang ditunggu tak pernah datang (lagi). Maka, selama ada orang yang setia menunggumu di setiap pintu kedatangan, janganlah kau anggap sepele ucapan 'tunggu aku ya sayang' ini. (SuaraKaltim.id/ Hernawan).

Terkait

Terkini