Internet
Kamis, 15 April 2021

Sindiran Keras, Telegram Sarankan Netizen Uninstall WA?

Keras banget, begini serangan Telegram pada WhatsApp.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Telegram. (Shutterstock)
Ilustrasi Telegram. (Shutterstock)

Hitekno.com - Kebijakan privasi yang ditawarkan WhatsApp atau WA belum lama ini jadi sorotan. Terutama bagaimana mereka mengizinkan aplikasi induk perusahaannya, Facebook, untuk mengakses data pengguna.

Melihat hal ini, Telegram sebagai aplikasi chating saingan WA pun ikut melakukan sindiran pada kebijakan privasi tersebut. Yakni melalui postingan meme di media sosial belum lama ini.

Bahkan saking kerasnya, akun Twitter menyindir kebijakan privasi WhatsApp dengan menyarankan untuk uninstall WA kepada netizen. Lengkap dengan tangkapan layar untuk menghapus aplikasi tersebut dari smartphone.

Berawal dari meme coffin dance yang dipostingkan dengan kebijakan privasi terkait data pengguna WhatsApp. Netizen pun memberikan beragam tanggapan pada cuitan akun Twitter Telegram tersebut.

Cuitan meme coffin dance yang menyindir kebijakan privasi WhatsApp ini pun mendapatkan lebih dari 6 ribu reply, 64 ribu retweet dan 205 like dari netizen dalam waktu singkat.

Sindiran Telegram pada kebijakan privasi WhatsApp. (Twitter/ telegram)
Sindiran Telegram pada kebijakan privasi WhatsApp. (Twitter/ telegram)

 

Salah satunya meme dari netizen yang terlanjut melakukan persetujuan pada aturan baru yang diberikan aplikasi chatting milik Facebook tersebut, di saat yang lain ribut memprotesnya.

Akun Twitter resmi Telegram pun membalas dengan memberikan anjuran untuk uninstall WA sebagai solusi untuk netizen yang sudah terlanjut menyetujui kebijakan privasi tersebut.

"There's a cure for that." tulis akun Twitter @Telegram lengkap dengan tangkapan layar uninstall WA.

Bagaimana cuita saran dari Telegram ini pun juga ramai mendapatkan sambutan dari netizen. Bahkan mencapai 3 ribu retweet dan 18 ribu like oleh pengguna Twitter dalam waktu singkat.

Tak sedikit netizen yang memberikan sanjungan pada keberanian admin Twitter Telegram tersebut. Yang dengan kerasnya namun tetap kocak dalam menyindir kebijakan privasi WhatsApp.

Telegram sarankan uninstall WA. (Twitter/ telegram)
Telegram sarankan uninstall WA. (Twitter/ telegram)

 

Semenjak netizen menyuarakan kekhawatirannya pada data pengguna terkait kebijakan priasi yang diberlakukan WhatsApp yang memberikan akses kepada aplikasi Facebook, banyak yang mencoba mencari alternatif aplikasi chatting ini.

Salah satunya yang dituju adalah Telegram yang sejak awal punya sorotan khusu pada keamanan data dan privasi pengguna. Dan belum lama ini juga ramai pengguna bergeser ke Signal, aplikasi serupa diklaim tidak menyimpan data pribadi pengguna.

Terkait

Terkini