Sabtu, 23 Januari 2021

Nintendo Sindir Micorsoft saat Bicara Terkait Akuisisi

Microsoft dilaporkan sempat ingin membeli Nintendo sebelum mengumumkan konsol Xbox.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Nintendo/Nintendo Wikia
Nintendo/Nintendo Wikia

Hitekno.com - Microsoft dikabarkan sempat ingin membeli Nintendo sebelum merilis konsol Xbox pertama kali yang diluncurkan di ajang CES pada tahun 2000. 

Dalam kisah yang dilaporkan Bloomberg, Microsoft saat itu tampaknya berusaha menggaet pengembang pihak ketiga untuk mengerjakan Xbox dan menggunakan kekuatan finansialnya untuk mendekati Nintendo, bermaksud untuk melakukan akuisisi.

Namun menurut Kevin Bachus, direktur hubungan pihak ketiga di proyek Xbox, pembicaraan tentang akuisisi tersebut tidak berjalan mulus.

"Steve (mantan CEO Microsoft) meminta kami menemui Nintendo untuk melihat apakah mereka mempertimbangkan untuk diakuisisi, tapi mereka hanya tertawa terbahak-bahak. Seperti, bayangkan satu jam seseorang hanya menertawakan Anda. Begitulah pertemuan itu," kata Bachus, seperti dikutip dari Gamesradar pada Sabtu (9/1/2021).

Ilustrasi Microsoft. (Unsplash/Tadas Sar)
Ilustrasi Microsoft. (Unsplash/Tadas Sar)

 

Laporan Bloomberg juga membahas upaya Microsoft yang tidak berhasil untuk membeli Square Enix dan pengembang Mortal Kombat Midway. Yang pertama memberi tahu Microsoft bahwa harga yang diminta terlalu rendah, sedangkan yang terakhir masih terikat pada bisnisnya dengan PlayStation.

Menurut Engadget, strategi Microsoft memang masuk akal. Pada saat itu, Nintendo sangat tertinggal dari Sony dari segi perangkat keras sehingga Microsoft berpikir dapat mengambil alih produksi perangkat keras dan membiarkan Nintendo fokus pada perangkat lunak.

Microsoft akhirnya harus puas dengan pengembang Halo Bungie yang menciptakan salah satu waralaba Xbox paling sukses. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini