Internet
Minggu, 18 April 2021

Makin Ditinggalkan, Twitter Matikan Layanan Live Streaming Periscope

Pengguna Periscope masih memiliki kesempatan untuk mengunduh arsip video dan data aplikasi sebelum ditutup.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Twitter. (Pixabay/Mizter_X94)
Ilustrasi Twitter. (Pixabay/Mizter_X94)

Hitekno.com - Layanan live streaming Periscope sempat naik daun pada waktunya, hingga menarik perhatian Twitter untuk mengakuisisi. Namun kini, akan dihentikan operasionalnya pada Maret 2021 mendatang.

Twitter sendiri telah secara resmi mengumumkan segera menutup layanan live streaming Periscope. Aplikasi ini akan sepenuhnya dihentikan pada Maret 2021.

"Aplikasi Periscope berada dalam status mode maintenance (pemeliharaan) yang tidak berkelanjutan. Hal ini sudah berlangsung cukup lama," jelas Twitter, dikutip dari The Verge, Rabu (16/12/2020).

Twitter menjelaskan, Periscope selalu mengalami penurunan penggunaan selama beberapa tahun belakangan. Selain itu, biaya operasional yang dikeluarkan untuk mendukung aplikasi juga terus naik hingga saat ini.

Meskipun Periscope belum sepenuhnya ditutup hingga Maret, Twitter telah menghentikan pelayanan untuk membuat akun Periscope sekaligus pembaruan terkini dari layanan aplikasi tersebut.\

Aplikasi Periscope dalam ponsel pintar (Shutterstock).
Aplikasi Periscope dalam ponsel pintar (Shutterstock).

 

Namun, pengguna Periscope masih memiliki kesempatan untuk mengunduh arsip video dan data aplikasi sebelum ditutup tahun depan.

Nantinya, Periscope bakal tetap aktif sebagai arsip siaran publik yang hanya dapat dibaca. Aplikasi juga akan memudahkan persyaratan bagi pengguna mengajukan permohonan menjadi "Super Broadcaster", sebuah istilah untuk pengguna tertentu yang dapat mencairkan tip dari pengikut di Periscope.

Para Broadcaster ini memiliki waktu hingga 30 April 2021 untuk menyelesaikan pencairan tip mereka.

Sebagai informasi, Twitter membeli Periscope pada Maret 2015 lalu. Saat itu, aplikasi layanan streaming memang mengalami pertumbuhan pesat.

Namun, popularitas Periscope tidak berlangsung lama, beda dengan layanan live streaming lainnya, Twitch, yang masih bertahan sampai sekarang.

Ilustrasi logo Twitter (Shutterstock).
Ilustrasi logo Twitter (Shutterstock).

 

Fitur live streaming Periscope ini kemudian diintegrasikan langsung ke dalam aplikasi Twitter pada Desember 2016. Menurut Twitter, mereka telah memindahkan sebagian besar fitur utama Periscope ke Twitter Live.

Itulah keputusan Twitter untuk menutup layanan live streaming Periscope nanti pada Maret 2021. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Terkait

Terkini