Internet
Sabtu, 06 Maret 2021

Waduh! Ribuan Akun Bodong Ditemukan di Platform Instagram

Ribuan hingga jutaan akun bodong tersebut biasanya digunakan penipuan hingga menyebarkan berita palsu.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Instagram. (pexels/Oleg Magni)
Ilustrasi Instagram. (pexels/Oleg Magni)

Hitekno.com - Platform media sosial, termasuk Instagram tak asing dengan yanng namanya akun bodong atau akun palsu, namun tak disangka akun tersebut kerap berjumlah ribuan bahkan jutaan.

Ribuan hingga jutaan akun bodong tersebut biasanya dilakukan penipuan hingga menyebarkan berita palsu lewat media sosial Instagram.

Namun akun-akun bodong tersebut rupanya memiliki pengikut, like hingga komentar pada unggahan akun palsu dan terdapat interaksi nyata dari sesama pengguna.

Belum lama ini ditemukan adanya 'pabrik klik' atau 'click farm' di Instagram. Perlu diketahui Click Farm sendiri adalah sebuah operasi di mana dengan orang yang bergaji rendah tanpa ada peraturan data yang ketat akan dibayar untuk mengklik sebuah tautan dan berinteraksi dengan pengguna online.

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/Ben Kolde)
Ilustrasi Instagram. (Unsplash/Ben Kolde)

 

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan penghasilan melalui iklan atau untuk meningkatkan pengikut sosial media. Praktik ini dinilai sangat menyedihkan.

Dilansir dari Techradar, salah satu tim peneliti vpnMentor telah menemukan server perintah dan kontrol yang menemukan data untuk puluhan ribu akun Instagram termasuk nama dan kata sandi hinga nomor telepon pengguna.

Semua data tersebut lantas disimpan dalam satu server, pasalnya operasi click farm sepenuhnya terpusat dan dikendalikan.

Sehingga memungkinkan siapa pun yang berada di sistem ini masuk ke akun dari mana saja dan mulai berinteraksi dengan akun Instagram lainnya.

Dilaporkan vpnMentor meyakini click farm ini dioperasikan oleh pihak ketiga yang kemungkinan berada di Kazajhstan atau Armenia.

Terkait

Terkini