Internet
Kamis, 04 Maret 2021

Google Luncurkan 5 Fitur Baru untuk Android, Apa Aja?

Google meluncurkan lima fitur Android baru dalam beberapa waktu dekat.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Logo Google. (Instagram/@google)
Logo Google. (Instagram/@google)

Hitekno.com - Dalam beberapa minggu ke depan, Google merilis lima fitur Android terbaru yang menyempurnakan navigasi Maps, Gboard emoji mashups, Voice Access, Google Play audiobooks, dan berbagi file Di Nearby Share. Google juga menyediakan Android Auto di 36 negara lainnya.

Pertama-tama, Google memberi Maps tab Go baru yang memungkinkan Anda menavigasi ke tempat favorit dengan cepat tanpa memasukkan alamatnya. Sematkan tujuan mengemudi ke sekolah atau kantor, misalnya, dan tab Go akan menampilkan petunjuk arah, gangguan dan lalu lintas langsung, dan perkiraan waktu kedatangan.

Anda juga dapat memasang pin pada rute transportasi umum favorit untuk melihat waktu keberangkatan dan kedatangan serta penundaan apa pun langsung dari tab. Google menyarankan untuk menyematkan opsi mengemudi dan transportasi umum ke tujuan yang sama untuk melihat mana yang akan membawa Anda ke sana lebih cepat.

"Tab Go akan mulai diluncurkan ke perangkat Android dan iOS dalam beberapa minggu mendatang," menurut perusahaan dilansir laman The Verge, Selasa (8/12/2020).

Tampilan Google Mpas dengan fitur antisipasi kawasan terpapar COVID-19 [Google].
Tampilan Google Maps [Google].

Selanjutnya, Google memperluas mashup stiker emoji khusus yang tersedia di Gboard dari beberapa ratus kombinasi unik menjadi lebih dari 14.000. Emoji Kitchen sekarang memungkinkan Anda mengetuk dua emoji untuk melihat kombinasi yang disarankan atau menggandakan satu emoji untuk melihat variasi yang "lebih intens".

Sudah tersedia di Gboard beta, Google mengatakan Emoji Kitchen baru akan tersedia di Android 6.0 dan lebih tinggi dalam beberapa minggu mendatang.

Google juga membuat perubahan yang dapat menghasilkan lebih banyak buku audio di Play Store. Google mengatakan bahwa pihaknya menyediakan alat narator baru yang dibuat secara otomatis kepada penerbit di AS dan Inggris, daripada yang dapat digunakan untuk membuat versi audio dari buku yang saat ini tidak memilikinya.

Alat ini saat ini dalam versi beta, dan akan tersedia untuk semua penerbit pada awal 2021.

Selanjutnya, Google menghadirkan navigasi Voice Access yang disempurnakan, sudah tersedia di Android 11, ke semua perangkat yang menjalankan Android 6.0 dan lebih tinggi secara global. Dengan bantuan pembelajaran mesin, Voice Access memungkinkan elemen UI seperti tombol dan label lebih mudah dimanipulasi dengan suara.

Fungsi Nearby Share juga segera mendukung berbagi langsung aplikasi Play Store dengan pengguna Android terdekat. Aplikasi dikirim melalui metode apa pun yang dianggap paling cepat oleh kedua ponsel Anda, seperti Bluetooth, Bluetooth Hemat Energi, WebRTC, atau Wi-Fi peer-to-peer.

Untuk berbagi aplikasi dari Google Play, Anda harus membuka menu "Share Apps" di "Kelola Aplikasi & Game" dan pilih aplikasi yang akan dibagikan. Teman Anda kemudian harus menerima aplikasi yang masuk. Pembaruan khusus ini akan mulai diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.

Terakhir, Google mengatakan bahwa akan memperluas dukungan Android Auto ke 36 negara lagi dalam "beberapa bulan ke depan", membawa aplikasi dan layanan Google ke dasbor mobil yang kompatibel untuk siapa saja yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi. (Suara.com/Dyhtia Novianty)

Terkait

Terkini