Minggu, 17 Januari 2021

Bantu Pemulihan, Patung One Piece di Kota Ini Tarik Puluhan Ribu Pengunjung

Terdapat banyak patung One Piece yang menarik perhatian hingga 50 ribu wisatawan.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Patung karakter Monkey D Luffy One Piece di Kumamoto City, Jepang. (YouTube/ JP LICENSED FIGURES CLUB)
Patung karakter Monkey D Luffy One Piece di Kumamoto City, Jepang. (YouTube/ JP LICENSED FIGURES CLUB)

Hitekno.com - Pada awal pekan ini, sebuah patung raksasa Franky diresmikan di luar Stasiun Takamori, Prefektur Kumamoto, Jepang. Franky merupakan salah satu karakter One Piece yang dikenal sebagai pembuat kapal super kuat.

Ini adalah bagian dari proyek yang membantu penyembuhan Prefektur Kumamoto. Pada 16 April 2016, gempa berkekuatan 7,0 SR meluluh meluluhlantahkan Prefektur Kumamoto.

Gempa tersebut ditaksir menyebabkan kerugian lebih dari 5 miliar atau dolar AS atau Rp 70,5 triliun karena meratakan rumah, kantor, dan beberapa situs penting bersejarah.

Beberapa pekan setelah kejadian, pencipta One Piece, Eiichiro Oda ikut menyumbangkan 300 juta yen atau Rp 40,7 miliar kepada pemerintah kota tersebut.

Oda dibesarkan di Kota Kumamoto, ibu kota prefektur, di mana ia juga memiliki hubungan kuat dengan daerah ini. Sebagai ucapan terima kasih atas sumbangan dari Oda, pemerintah mendirikan patung perunggu Luffy pada November 2018.

Patung Franky One Piece di Prefektur Kumamoto. (CBR)
Patung Franky One Piece di Prefektur Kumamoto. (CBR)

 

Patung ini berada di luar Kantor Pemerintah Prefektur Kumamoto sebagai kehormatan prefektur atas jasa Oda dalam upaya pemulihan.

Pada 2019, patung Sanji ditempatkan di Kota Mashiki, Prefektur Kumamoto. Kemudian patung Usopp juga didirikan di depan stasiun Aso. Pada 2020, ketiga patung yaitu Tony Tony Chopper, Brook, dan kini, Franky, selesai dibangun.

Peresmian patung karakter Monkey D Luffy One Piece di Kumamoto City, Jepang oleh pejabat setempat. (CBR)
Peresmian patung karakter Monkey D Luffy One Piece di Kumamoto City, Jepang oleh pejabat setempat. (CBR)

 

Tony Tony Chopper berada di Kebun Binatang Kota Kumamoto, Brook di Kota Mifune, sementara yang terbaru, Franky, ada di Stasiun Takamori.

Tiga patung juga siap dibangun pada beberapa titik lain yaitu Roronoa Zoro, Nami dan Robin. Dikutip dari CBR, meskipun patung mungkin tampak sebagai cara yang aneh untuk menghabiskan uang bantuan, namun keberadaan patung justru bisa menarik wisatawan.

Peneliti dari Shokei University, berhasil mensurvei orang-orang yang mengunjungi patung Luffy pada 2019 hingga 2020.

Mereka memperkirakan bahwa patung One Piece ini menarik sekitar 55.211 pengunjung dan ikut berkontribusi sebanyak 2,67 miliar yen atau Rp 362 miliar ke perekonomian lokal.

Setiap patung memiliki papan informasi yang menginformasikan pengunjung tentang daerah setempat dan kerusakan yang dideritanya. Patung One Piece ini sebagai contoh yang bagus tentang bagaimana tokoh fiksi dapat membantu orang-orang dalam melewati krisis.

Terkait

Terkini