Senin, 18 Januari 2021

Google Kebut Penambahan Emoji Baru untuk Android

Emoji menjadi salah satu yang banyak digunakan untuk chattingan.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Emoji baru iOS 14.2. (Emojipedia)
Emoji baru iOS 14.2. (Emojipedia)

Hitekno.com - Selain teks, emoji juga menjadi salah satu bahasa chatting untuk mengekspresikan emosi. Kebanyakan hadir bersama pembaruan sistem sehingga kecepatan pembaruan Android dari OEM berbeda-beda. 

Kiini, Google akan mengubah pembaruan emoji menjadi lebih cepat di Android. 

Komitmen kode baru yang dibuat untuk Proyek Open Source Android akan memungkinkan font diperbarui tanpa perlu menunggu pembaruan seluruh sistem. Emoji adalah bagian dari font sistem sehingga pembaruan emoji juga dapat lebih cepat.

Kode baru yang ditemukan oleh XDA Developers ini memungkinkan proses system_server untuk menulis file font yang diperbarui ke direktori /data/font. Dengan perubahan ini, Google hanya mengizinkan proses system_server izin untuk menulis ke direktori tersebut.

"Semua aplikasi kemudian akan membaca file font dan emoji dari direktori ini untuk menggambar teks. Dengan demikian, file font yang diperbarui dan dengan ekstensi emoji baru dapat dimasukkan ke ponsel tanpa memerlukan pembaruan OTA secara keseluruhan," tulis XDA Developers seperti dikutip Android Central pada Kamis (26/11/2020).

Emoji baru perangkat iOS dan Android. [Emojipedia.org]
Emoji baru perangkat iOS dan Android. Sebagai ilustrasi  [Emojipedia.org]

Namun, semua ini dapat berfungsi setelah diterapkan. Google juga telah berupaya memperbarui sebagian besar inti Android melalui Play Store dan menambahkan font ke daftar ini dapat membuat satu opsi realistis untuk diterapkan.

Tidak menutup kemungkinan jika Google akhirnya mengizinkan pengguna mengubah emoji dengan aplikasi seperti yang dapat dilakukan dengan peluncur dan keyboard.

Efek perubahan ini paling cepat akan dilihat pada Android 12 nanti yang diprediksi diluncurkan tahun depan. Perusahaan masih harus menggabungkan perubahan ini ke dalam kodenya dan meluncurkan melalui pembaharuan sistem. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini