Jum'at, 22 Januari 2021

Masih Berjuang Jualan Bubur, Kakek 83 Tahun Ini Bikin Netizen Sedih

"Nangis lihat yang kayak gini.," komentar salah seorang netizen.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Kakek 83 tahun penjual bubur kacang ini bikin netizen terenyuh. (TikTok/ @hoamz_z)
Kakek 83 tahun penjual bubur kacang ini bikin netizen terenyuh. (TikTok/ @hoamz_z)

Hitekno.com - Usia 60 atau 70 tahun ke atas merupakan waktu yang tepat bagi para lansia untuk menikmati waktu bersama keluarga di masa senjanya. Seorang wanita yang mengaku bertemu dengan kakek 83 tahun penjual bubur kacang ini membuat netizen terenyuh.

Pemilik postingan menceritakan bahwa ia sudah beberapa kali bertemu dengan kakek penjual bubur di tepi jalan. Dengan usianya yang sangat tua, rupanya kakek tersebut masih berjuang mencari rezeki.

"Salut sama beliau. Di usia 83 tahun masih berjuang mandiri mencari rezeki," tulis pengguna TikTok dengan akun bernama @hoamz_z.

Ia menambahkan bahwa dirinya telah beberapa kali membeli bubur kacang ketika gowes. Pemilik akun @hoamz_z mengaku bubur kacang buatan kakek ini cukup murah dan enak.

Meski tubuhnya tak setegap dulu, terlihat secara perlahan kakek ini menuangkan bubur yang dipesan pelanggannya.

Kakek 83 tahun penjual bubur kacang ini bikin netizen terenyuh. (TikTok/ @hoamz_z)
Kakek 83 tahun penjual bubur kacang ini bikin netizen terenyuh. (TikTok/ @hoamz_z)

 

"Tiap gowes pasti berhenti dulu buat ngemil bubur kacang. Bubur kacangnya enak terus murah lagi, satu mangkok penuh Rp 3 ribu. Membeli dagangannya berarti kita membantu mereka untuk menyambung hidup, jangan hanya jajan di mall, semoga sehat selalu ya bah," tulis @hoamz_z pada deskripsi videonya.

Postingan video yang dibagikan berhasil viral setelah mendapatkan lebih dari 1,2 juta View dan 160 ribu Like. Pemilik postingan menceritakan bahwa lokasi berjualan sang kakek berada di sekitar Desa Karangpawitan, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Jawa Barat.

Didesak oleh netizen, akhirnya wanita pengunggah postingan ini melakukan open donasi. Berkat bantuan netizen, uang yang terkumpul mencapai belasan juta rupiah.

Kakek penjual bubur kacang ini viral di media sosial. (TikTok/ @hoamz_z)
Kakek penjual bubur kacang ini viral di media sosial. (TikTok/ @hoamz_z)

 

Dana tersebut dibelikan berbagai keperluan sembako, alat ibadah, emas, TV, dan diberikan juga dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 6,4 juta.

Banyak netizen yang memberikan beragam komentar atas video viral ini.

"Kakek semoga selalu dilancarkan rezekinya (emoticon sedih)," komentar @NathaliaNabella.

"Nangis lihat yang kayak gini. Di saat mereka seharusnya menikmati masa senjanya, tetapi seperti tidak ada pilhan mereka harus tetap bekerja (emoticon menangis)," kata @wiwinmaryanti.

Open Donasi untuk kakek ini telah terkumpul belasan juta rupiah. (TikTok/ @hoamz_z)
Open Donasi untuk kakek ini telah terkumpul belasan juta rupiah. (TikTok/ @hoamz_z)

 

"Belilah dagangan orang kecil, karena berjualan bukan untuk kaya, tetapi untuk kebutuhan sehari-hari," pendapat @MorningSun.

"Aku yang dari kecil jarang ketemu ayah dan sekarang ayah udah nggak ada berasa sakit banget lihat ini (emoticon menangis). Semoga kakek sehat terus," tulis @dwi_indrii.

"Kadang ada anak yang bilang: 'diam saja di rumah biar aku yang cari uang', tapi orangtua tetap pengen jualan, bukan cari nafkah tapi emang seneng beraktivitas," pendapat @yanty_sintya.

Untuk melihat video viral mengenai kakek 83 tahun yang masih berjuang jualan bubur, kalian bisa mengunjungi melalui link ini. 

Terkait

Terkini