Senin, 18 Januari 2021

Selama Pandemi, Ini Konten yang Disukai Penonton di YouTube

Konten review produk, resep memasak, teknik mengatasi stres dan workout berhasil menarik pemirsa di YouTube.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

Hitekno.com - Samsung Galaxy Creator Workshop 2 yang digelar hari ini (04/11/2020) menghadirkan salah satu pembicara dari YouTube Indonesia. Ia membeberkan konten menarik apa saja yang disukai oleh pemirsa saat masa pandemi serta konten menarik di 2020.

Workshop yang mengusung tema "Be A Creator, Be Awesome You" menghadirkan Irfan Rinaldi selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile dan juga Wafa Taftazani selaku Country Strategic Partnership Lead, YouTube Indonesia.

Irfan Rinaldi mengutip pada salah satu survei yang menyatakan bahwa penikmat konten video meningkat selama masa pandemi.

Pengguna lebih sering menikmati live video dibanding sebelum masa pandemi. Potensi untuk melakukan vlogging dan review produk juga semakin bertambah seiring meningkatnya atensi dari audience.

Masa pandemi membuat beberapa konten mengalami kenaikan audience jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Lebih dari 2 miliar pengguna mengunjungi YouTube setiap bulannya. (Samsung Zoom Conference)
Lebih dari 2 miliar pengguna mengunjungi YouTube setiap bulannya. (Samsung Zoom Conference)

 

Selama masa pandemi, sebuah survey (11 Covid-10 Consumer Insight, Toluna Online Panel Survey) menunjukan konsumsi masyarakat Indonesia membaca konten meningkat tajam sebanyak 78 persen, konsumsi menonton video streaming 76 persen dan 70 persen lebih sering menonton LIVE video dibanding sebelum masa pandemi. Perubahan ini tentunya dapat menjadi peluang emas bagi para creator untuk membuat konten yang awesome. Dengan mengikuti Galaxy Creator Workshop melalui aplikasi Samsung Member, pengguna Galaxy A series dapat mengoptimalkan smartphone Galaxy A miliknya dan mengambil momen ini untuk membuat konten yang lebih awesome di sosial media,” ucap Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Wafa Taftazani selaku perwakilan dari YouTube Indonesia mengaku bahwa selama masa pandemi, banyak masyarakat Indonesia yang beralih untuk melakukan belanja online.

Masifnya belanja online membuat banyak audience pergi ke YouTube untuk memeriksa barang incarannya. Konten seperti unboxing gadget atau perangkat lain serta drop test menjadi konten yang banyak diminati saat masa pandemi.

Wafa Taftazani selaku Country Strategic Partnership Lead, YouTube Indonesia. (Samsung Zoom Conference)
Wafa Taftazani selaku Country Strategic Partnership Lead, YouTube Indonesia. (Samsung Zoom Conference)

 

Review game hingga react trailer juga memiliki pasar sendiri di YouTube. Wafa Taftazani mengungkapkan bahwa saat ini sudah ada sekitar 2 miliar pengguna yang log-in serta menonton video di YouTube.

Setiap menitnya, terdapat 500 jam konten diunggah ke YouTube. Itu membuktikan bahwa terdapat pasar potensial untuk membuat konten di YouTube.

Beberapa jenis konten yang mendapatkan atensi lebih di masa pandemi termasuk Study with Me (konten untuk menemani seseorang agar tak jenuh saat belajar), Pantry Meals (bagikan resep masakan, cara membuat kue, review masakan), Coping Techniques (konten manajemen mental untuk kesehatan, salah satunya meditasi, atau teknik mengatasi stres), dan At Home Workout (konten olahraga di rumah).

Beberapa konten yang menarik perhatian di YouTube pada 2020. (Samsung Zoom Conference)
Beberapa konten yang menarik perhatian di YouTube pada 2020. (Samsung Zoom Conference)

 

Di tahun 2020, konten game juga mulai mengalami kenaikan sebesar 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Konten yang sangat menarik audience khususnya adalah game MOBA.

Knowledge Video, Automotive Exhibitions, hingga tema "Cookies (kue)" juga mengalami peningkatan di tahun 2020. Itulah tadi beberapa konten menarik yang mendapatkan atensi dari pemirsa di YouTube, apakah kalian siap menjadi content creator di YouTube?

Terkait

Terkini