Internet
Jum'at, 05 Maret 2021

Mirip YouTube, Fitur di Instagram Ini Bisa Dimonetisasi Bagi Kreator

Live streaming di Instagram bakal bisa menghasilkan uang bagi content creator atau influencer.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cloud_download Baca offline
Logo Instagram. (unsplash/NeONBRAND)
Logo Instagram. (unsplash/NeONBRAND)

Hitekno.com - Pada kuartal keempat 2020, Instagram mulai mengaktifkan fitur yang membuat para content creator dapat menghasilkan uang. Badges (lencana) di Instagram Live bakal membuat para content creator mendapatkan pundi-pundi uang tambahan.

Ketika mereka melakukan Live Streaming (Live Badges) maka Badge atau lencana bisa dikirimkan oleh penggemar sebagai bentuk dukungan mereka.

Ide untuk menghasilkan uang menggunakan lencana penggemar tidak hanya terjadi di Instagram. Platform live streaming lainnya termasuk Twitch dan YouTube, memiliki sistem serupa.

Facebook Live juga memungkinkan penggemar untuk membeli bintang di video langsung, sebagai mekanisme pemberian tip virtual. Pengguna Instagram akan melihat tiga opsi untuk membeli lencana yang bisa diberikan saat live streaming.

Badge atau lencana dapat dibeli dengan berbagai harga termasuk 0,99 dolar AS (Rp 13 ribu), 1,99 dolar AS (Rp 29 ribu), atau 4,99 dolar AS (Rp 72 ribu).

Fitur Badge di Instagram. (Instagram via Tech Crunch)
Fitur Badge di Instagram. (Instagram via Tech Crunch)

 

Di Instagram Live, lencana tidak hanya akan menarik perhatian penggemar, tetapi juga membuka fitur khusus. Lencana dan daftar (list) memudahkan pembuat konten untuk mengetahui dengan cepat penggemar mana yang mendukung mereka, dan menyapanya (jika mereka ingin).

COO Instagram, Justin Osofsky, menyatakan bahwa ini adalah upaya mereka untuk menghargai para content creator di platform-nya.

"Pembuat konten mendorong budaya ke depan. Banyak dari mereka mendedikasikan hidupnya untuk ini, dan itu sangat penting bagi kami sehingga mereka memiliki cara mudah untuk menghasilkan uang dari konten mereka," kata Justin Osofsky.

Contoh ketika penggemar mengirimkan Badge pada influencer atau content creator.  (Instagram via Tech Crunch)
Contoh ketika penggemar mengirimkan Badge pada influencer atau content creator. (Instagram via Tech Crunch)

 

Fitur ini khusus untuk para content creator yang memiliki banyak follower. Dikutip dari Tech Crunch, awalnya fitur ini hanya tersedia secara terbatas kepada lebih dari 50.000 content creator mulai Oktober lalu.

Badge sudah diaktifkan ke beberapa pasar termasuk Brasil, Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Turki, Spanyol, Meksiko dan Amerika Serikat.

Namun ini juga bakal mendatangi beberapa negara lain yang menargetkan influencer atau content creator dengan banyak follower. Beberapa influencer atau content creator diketahui ikut memamerkan fitur ini ketika sudah bisa diaktifkan melalui akun mereka.

Terkait

Terkini