Kamis, 03 Desember 2020

Diduga Kena Hipnotis, Pria Ini Bolak-balik Isi Pulsa Hingga Jutaan Rupiah

Petugas minimarket pun mencurigai dan mencegahnya.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Karyawan minimarket berhasil cegah kejahatan penipuan isi pulsa. (TikTok/@hildalidya1302)
Karyawan minimarket berhasil cegah kejahatan penipuan isi pulsa. (TikTok/@hildalidya1302)

Hitekno.com - Terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial, seorang pria diduga menjadi korban hipnotis isi pulsa hingga jutaan rupiah.

Beruntung pria tersebut mendapatkan pertolongan petugas minimarket yang curiga dan berhasil mencegahnya.

Lewat unggahan akun TikTok-nya @hildalidya1302 merasa curiga ketika seorang pelanggan bolak-balik ke meja kasirnya untuk mengisi ulang pulsa yang bernilai besar.

Mulanya, pria tersebut mengisi pulsa sejumlah Rp 400 ribu ke empat nomor telepon yang berbeda.

Hilda yang melayani pembelian pulsa itu awalnya berpikir jika pulsa ke nomor-nomor tersebut memang kebutuhan pribadi si pelanggan.

Tak berapa kemudian, pelanggan itu kembali untuk mengisi ulang pulsa lagi. Kali ini jumlahnya lebih besar dari yang awal diminta.

"Pas 15 menit kemudian dia balik lagi ke toko mau isi pulsa lagi Rp 2 juta ke 10 nomor yang berbeda," tulis Hilda menceritakan.

Karyawan minimarket berhasil cegah kejahatan penipuan isi pulsa. (TikTok/@hildalidya1302)
Karyawan minimarket berhasil cegah kejahatan penipuan isi pulsa. (TikTok/@hildalidya1302)

 

Dari situlah kecurigaannya muncul. Ia khawatir pelanggan tersebut terkena kejahatan hipnotis dengan modus minta tolong mengisikan pulsa.

"Nah di situ saya udah yakin mas-mas itu pasti dihipnotis dan saya coba nanya baik-baik isi pulsa ke siapa dan dia jawab dengan nada yang emosian gitu, kekeh untuk diisikan pulsa," lanjut Hilda.

Untuk menghindari kerugian yang lebih besar, Hilda pun meminta bantuan rekan setimnya dan berpura-pura memproses pengisian pulsa tersebut.

"Sebelum saya transaksikan saya minta uangnya dulu dan dikasih sama dia. Tapi saya enggak tega transaksikan dan saya coba minta bantuan dengan tim yang lain," ungkapnya.

Dalam video yang ia unggah, tampak rekan timnya sedang menjelaskan kepada pria tersebut. Ia tampak sedang berbicara dengan seseorang penelepon dari ponsel pelanggan yang diduga adalah si penipu.

Nampak dalam video yang viral di media sosial, raut muka si pelanggan tampak menunjukkan kecemasan.

Simak video tersebut DI SINI.

Video yang diunggah Hilda itu pun lantas menuai reaksi dari warganet sekaligus peringatan agar tetap waspada terhadap kejahatan modus pengisian pulsa.

"Saya pernah jadi korban hipnotis begitu, dan memang rasanya enggak sadar sama sekali cuma fokus aja ke omongan orang itu," tulis @nurul_2504.

"Pernah banget melayani konsumen kayak begini, bapak-bapak udah tua pertama dia isi sampai 500 ribu dengan nomor berbeda, terus balik lagi minta isi 1 juta tapi enggak tega," komentar @winaaa.

Tak jarang pula warganet yang menuliskan pujian kepada si karyawan minimarket karena berani mencegah kejahatan tersebut.

"Alhamdulillah karyawannya sigap. Karena betul itu penipuan. Ponakanku pernah jadi korban habis 5 juta dengan modus yang sama isi pulsa," puji @MbokneInces.

"Mbaknya hebat, peka sama situasi, salut Mbak. Ketemu aku traktir," imbuh @Hikaru.

Itulah video viral di media sosial menampilkan bagaimana seorang pria yang diduga jadi korban hipnotis hingga membeli pulsa sampai jutaan rupiah. (Suara.com/ Farah Nabilla).

Terkait

Terkini