Rabu, 25 November 2020

Viral Video Modus Pencurian Uang di ATM, Malah Picu Perdebatan Netizen

Netizen ramai membahas video diduga modus baru pencurian uang di mesin ATM ini.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi mesin ATM (Shutterstock).
Ilustrasi mesin ATM (Shutterstock).

Hitekno.com - Beredar rekaman video yang diduga modus baru dalam pencurian uang di mesin ATM. Postingan ini langsung mendapatk perhatian netizen.

Modus baru tersebut adalah pemberian tempelan atau cover pada lubang tempat uang tersebut keluar, sehingga ketika ada seseorang yang hendak mengambil uangnya, uang tersebut tidak dapat keluar.

Video viral di media sosial ini diunggah oleh akun Instagram @nenk_update pada Senin (19/10/2020).

Dalam unggahannya, ia menuliskan caption, "Pengguna FB memposting pengalamannya sewaktu mau ngambil uang di ATM".

Ia pun menjelaskan bahwa saat orang-orang akan mengambil uang di ATM tersebut, uangnya tidak bisa keluar karena ada sesuatu yang menahan uang tersebut keluar.

"Saat orang-orang pada mau ngambil uang tapi uang nya gak keluar, ternyata ditempelin sesuatu biar uang nya gak keluar uang nya justru tertahan di alat tsb," tulis akun @nenk_update.

Akun Instagram ini mengunggah foto dan beberapa video dari unggahan @Ferly Luphdead Orlandho di Facebook.

Ilustrasi ATM. (shutterstock)
Ilustrasi ATM. (shutterstock)

 

Foto yang diunggah merupakan tangkapan layar unggahan @Ferly Luphdead Orlandho di media sosial Facebook yang .

"Hanya mengingatkan hati-hati lau ambil uang d atm," tulis pengguna Facebook tersebut.

Kemudian pada beberapa video yang diunggah, nampak seseorang yang sedang menjelaskan kronologi dari tempelan atau penutup lubang tempat keluarnya uang di ATM.

"Ini penutup guys, hati-hati ya. Cover bohongan ni, modus ya. Ditempelin di mesin ni modusnya. Jadi kalau ada orang nge-debit uang, uangnya gak keluar," jelas perekam video.

Tempelan tersebut berbentuk persegi panjang, yang di bagian belakangnya diberi lem atau double-tip agar uang bisa menempel dibenda tersebut.

"Nah orang yang nempelin dateng ke mari. Tinggal nyabut ada duitnya nempel," ucap si perekam video.

Unggahan ini pun menuai banyak respons dari netizen hingga viral di media sosial. Respons yang diberikan pun bermacam-macam, ada yang percaya dan tidak dengan kebenaran video ini.

"Ng mgkn lah min,uang kl g d ambil dr mesin dlm itungan 2menit aja besinya uda ketutup dan uang tertelan...ini tg buat konten jelas donk jgn hoax.....itulah fungsinya timer jd kl uda mencapai batas tertentu uang akan tertelan otomatis dan nsbh tinggal komplaik ke bank penerbit kartu dan uang di refund g segampang itu fergusonmw curi duit dr atm...kontenya krg mendidik," tulis akun @vinomilo.

"CEK CCTV YG NEMPELIN TUH BENDA KETAHUAN SAPA. YEGA ??? CCTV NYA MULAI AKTIF YA BWANG," ujar akun @dhan.mulya.

"Tinggal liat cctv siapa yang nempel repot amat," ujar akun @fortun_amann.

Selain itu, akun @vinnie.ft juga turut menuliskan komentarnya, "Gue pernah ngalamin ni di stasiun depok lama.. pas ngmbl duit ga keluar tp saldo berkurang. Ga lama securty diri trs dismpg mesin atm kyk yg nungguin...".

Itulah video viral di media sosial yang diduga sebagai modus baru pencurian uang di mesin ATM. (Reporter SuaraJogja.id/ Dita Alvinasari).

Terkait

Terkini