Rabu, 25 November 2020

Zoom Luncurkan 2 Fitur Terbaru, Bisa Monetisasi Acara Virtual

Fitur OnZoom ini merupakanplatform yang akan memudahkan pengguna untuk menemukan acara virtual dalam berbagai kategori

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Allie)
Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Allie)

Hitekno.com - Aplikasi konferensi Zoom merilis dua fitur terbaru, yaitu OnZoom yang memungkinkan pengguna menjadwalkan dan memonetisasi acara virtual, dan cara baru aplikasi bisnis untuk terintegrasi langsung ke panggilan Zoom.

Fitur OnZoom ini merupakan platform yang akan memudahkan pengguna untuk menemukan acara virtual dalam berbagai kategori, mulai dari kelas memasak, literatur, hingga stand-up comedy.

Pada dasarnya, acara atau aktivitas apa pun yang mungkin sudah pengguna lakukan melalui Zoom akan tersedia, dengan alat bawaan untuk menjual tiket, penjadwalan, dan promosi.

Penyelenggara acara akan membutuhkan akun Zoom berbayar untuk menyelenggarakan acara, tetapi siapapun dapat menontonnya. Namun, jumlah peserta akan dibatasi oleh akun berbayar penyelenggara hingga maksimal 1.000 peserta.

Aplikasi Zoom. [Martin BUREAU/AFP]
Aplikasi Zoom. [Martin BUREAU/AFP]

Pembayaran akan diproses melalui PayPal atau dengan kartu kredit dan tiket acara dapat dibeli sebagai hadiah. OnZoom saat ini tersedia di Amerika Serikat sebagai versi beta dan akan berkembang secara global sekitar 2021.

Fitur baru lainnya adalah integrasi Zoom dari aplikasi pihak ketiga langsung ke panggilan. Dengan kata lain, pengguna akan dapat melakukan hal-hal seperti akses ke dokumen yang disimpan di Dropbox, tanpa beralih ke jendala lain. Zoom menyebut integrasi pihak ketiga ini sebagai Zapps.

Zoom mengatakan lebih dari 35 perusahaan integrasi, termasuk Asana, Atlassian, Box, Cameo, Chorus, Coda, Coursera, Docket, Dot Collector, Dropbox, Gong, Hubspot, Kahoot, Kaltura, LoomieLive, LucidSpark, Miro, Mural, PagerDuty, Pitch, Remix Labs, Rev, Salesforce, ServiceNow, Slack, Slido, Superhuman, SurveyMonkey, Thrive Global, Unsplash, Woven, Wrike, WW, dan Zendesk. Namun, tidak diketahui kapan masing-masing akan tersedia.

"Zapps membantu memunculkan semua aplikasi yang pengguna butuhkan untuk menjadi produktif dan memungkinkan arus informasi bebas antar tim sebelum, selama, dan setelah rapat," tulis Zoom, seperti dikutip The Verge, Kamis (15/10/2020).

Aplikasi konferensi Zoom menambahkan bahwa Zapps bisa bertindak seperti toko aplikasi tepat yang paling pengguna butuhkan, yang mencakup rapat Zoom, obrolan, webinar, panggilan telepon, bahkan direktori kontak.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini